14 Waralaba Lokal Bersaing Di Pasar Internasional

14 Waralaba Lokal Bersaing Di Pasar Internasional

Apakah saat ini terbersit keinginan untuk membuka usaha sendiri ? Tak ada salahnya, Anda mengunjungi ajang Franchise & License Indonesia Expo Ke-8 di Assembly Hall Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta.

Pameran yang dibuka Jumat (12/11) hingga Minggu (14/11) ini diikuti 165 waralaba. dibanding dengan tahun lalu, ada peningkatan 40 peserta. Jumlah peserta yang terus bertambah ini juga menunjukkan antusias masyarakat yang cukup besar terhadap industri waralaba.

Tahun 2011, omzet yang dihasilkan dari usaha waralaba mencapai Rp 100 triliun.Selain membantu pertumbuhan ekonomi, bisnis ini juga ternyata banyak menyerap tenaga kerja yang diperkirakan mencapai 1,2 juta orang tenaga kerja.

Anda juga akan menemukan 14 waralaba lokal yang berhak go international di pameran itu. Mereka ini nantinya akan mempunyai kesempatan untuk memamerkan produk-produknya di luar negeri. Levita berharap, ke-14 waralaba yang mendapat kesempatan go international alias siap ekspor itu bisa menunjukkan karya usaha anak bangsa Indonesia yang memiliki standar Internasional.

Salah satu kriteria untuk menyandang predikat go International adalah, pemilik waralaba tersebut telah menjalankan usaha mereka selama tiga tahun dan terbukti menguntungkan. Sebelum menawarkan waralaba, mereka harus melalui tahapan sebagai business opportunity. Syarat lainnya, produk yang dijual juga bisa mencerminkan nilai nasionalisme Indonesia.

Bukan hanya terbatas pada usaha kuliner, waralaba yang lolos seleksi ini juga ada usaha salon, laundry, perawatan kecantikan atau spa, serta apotek. Banyak yang masih mengusung bisnis kuliner. Subagyo mengharapkan, Wali serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bisa mempersiapkan para pemenang waralaba go international ini menjadi panutan waralaba asing.

Waralaba menjadi salah satu bisnis favorit di Tanah Air. Subagyo ingin waralaba lokal mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri di tengah gempuran waralaba-waralaba asing. Tidak hanya itu, kegiatan untuk menjaring waralaba go international juga harus rutin dilakukan. Tujuannya, supaya pengembangan potensi lokal ini tak luntur.

Menurut Neddy Rafinaldi Halim, Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, waralaba menjadi lahan yang strategis untuk memperkuat hubungan pelaku usaha. Waralaba terbukti mampu memberikan andil dalam penyerapan tenaga kerja dan turut memberdayakan ekonomi kerakyatan.

Sebuah usaha tak lagi terkendala permodalan berkat hadirnya pendekatan sistem waralaba ini. Menurut Amir Karamoy, sekarang ini, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan serta Kementerian Koperasi dan UKM telah memfasilitasi para pemilik waralaba untuk menembus pasar luar negeri.

Namun, Amir mengakui, tetap ada kendala, yakni kesiapan dari para pewaralaba tersebut. Terutama untuk menjaga kualitas dan mengembangkan usahanya dengan lebih baik lagi. Selain itu, Levita menambahkan, pemerintah tak hanya mendukung dengan memberikan pelatihan selama tiga hari.

Namun, juga harus mendorong kerja sama dengan pihak perbankan untuk membantu para pemenang dalam mengembangkan usahanya tanpa harus melihat resiko. Karena sudah terbukti para pemenang waralaba ini memiliki standar Internasional. Tak cuma memiliki kualitas berstandar internasional, ke-14 waralaba lokal tersebut juga memiliki karakteristik untuk membawa nama Indonesia melenggang di pentas global, guna bersaing dengan waralaba asing.

Inilah 14 waralaba yang akan go international

  • Kebab Turki Baba Rafi (makanan)
  • Bakso Malang Cak Eko (makanan)
  • Coffee Toffee (minuman)
  • Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk (makanan)
  • Aqualis Fabricare (laundry)
  • Moz5 Salon Muslimah (salon)
  • Macsauto (cuci mobil)
  • Teh Saring (minuman)
  • Gw Guyur (cuci motor)
  • Malaka (apotek)
  • Quemama (makanan)
  • Jojo Cup (minuman)
  • Tirta Ayu Spa (spa)
  • Mozaik Elemen (batik)
Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ http://peluangusaha.kontan.co.id/news/14-waralaba-lokal-siap-bersaing-di-pasar-internasional-1
Comments
Loading...