2 Hal Ini Bikin Usaha Franchise Bangkrut

2 Hal Ini Bikin Usaha Franchise Bangkrut

Putri tampak gelisah. Usaha waralaba (franchise) yang baru dibangunnya harus gulung tikar. Wanita 28 tahun ini rugi sampai Rp 100 juta. Aset kendaraan pribadinya juga terpaksa dijual. Ternyata, enggak gampang menjalankan bisnis franchise. Si pemilik-nya lepas tangan karena dia hanya jual lisensi saja. Sementara, saya terhitung pemula.

Cerita ini tak hanya dialami Putri seorang. Masih banyak yang akhirnya gigit jari lantaran usaha waralaba-nya tidak berkembang. Alih-alih meraup untung, malah buntung. Perencana keuangan, Aidil Akbar Madjid mengungkapkan dua kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pengusaha waralaba. Pertama, salah persepsi tentang bisnis tersebut.

Kesalahan utama, mereka berpikir bahwa setelah beli franchise, maka uang akan datang sendiri dan bisnisnya otomatis jalan. Padahal, tidak begitu. Menurut Aidil, waralaba tetaplah sebuah bisnis yang harus diurus oleh si pengusahanya sendiri.

Walaupun judulnya franchise, tetap harus terjun langsung. Tetap harus dikelola, bukan malah dibiarkan dan berpikir ‘ah,sistemnya kan sudah ada, bahan baku sudah ada. Kesalahan kedua, tidak teliti sebelum memutuskan membeli waralaba.

Biasanya, orang tergiur dengan janji keuntungan yang besar tanpa memperhatikan rekam jejak waralaba tersebut. Harus dilihat siapa pemiliknya, bagaimana perkembangan usahanya, sistemnya bagaimana. Lalu, potensi pasarnya juga harus diperhatikan. Teliti sebelum menandatangani perjanjian usaha.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/ekonomi/221976-hatihati-2-hal-ini-bikin-usaha-franchise-bangkrut.html
Comments
Loading...