Franchise Melia Laundry

Franchise Melia Laundry 

Usaha laundry adalah salah satu jenis usaha yang berkembang pesat. Perubahan gaya hidup masyarakat, yang memiliki segudang aktivitas, membutuhkan kemudahan dalam mencuci pakaian. Laundry tidak hanya dibutuhkan oleh para ibu, melainkan juga oleh anak-anak mahasiswa dan karyawan. Hal ini dilihat sebagai sebuah peluang bisnis oleh MELIA Laundry, yang kemudian merintis usahanya di 9 Maret tahun 1996.

Awalnya Fen merupakan seorang karyawan pabrik Semen Gresik. Ia meninggalkan zona nyamannya sebagai karyawan, dan melirik dunia bisnis. Bisnis yang dipilihnya yaitu laundry. Pilihannya ini karena mengamati lingkungan tempat tinggalnya di Yogyakarta. Bermodalkan uang hasil penjualan rumahnya yang ada di Jakarta, Fen memulai suksesnya dengan mendirikan Melia Laundry & Dry Cleaning pada tanggal 9 Maret 1996 di kota Yogyakarta.

Menempati lokasi usaha yang sangat sederhana, Fen sengaja memilih “Melia” sebagai brand bisnisnya karena kata tersebut memiliki arti mengalir. Harapan Fen kelak bisnisnya dapat mengalir tanpa hambatan apapun seperti halnya arti dari kata Melia yang dipilihnya.

3 bulan pertama tidak satupun pelanggan yang datang ke MELIA Laundry. Fen berusaha keras, menjelaskan tentang jasa laundry pada masyarakat. Ia membuka counter di depan Supermarket Hero, agar lebih mudah menjangkau konsumen. Perlahan masyarakat mulai melirik Laundry Melia, dan mulai menggunakan jasa MELIA Laundry.

Banyak bisnis laundry yang bermunculan, tidak membuat Fen khawatir. Ia berusaha memberikan pelayanan yang eksklusif bagi setiap konsumennya, dengan membangun loyalitas konsumennya dan memberikan pelayanan terbaik. Permintaan pasar semakin tinggi, Fen memperluas pasar dengan membuka kemitraan atau franchise, setelah 8 tahun melewati pasang surut usahanya.

Keunggulan MELIA Laundry

  • Layanan 1 machine 1 customer, sehingga pakaian customer tidak tercampur dengan pakaian customer lainnya.
  • Sistem waralaba dengan manajemen yang telah teruji sejak 1996
  • Tidak menggunakan matahari sebagai alat pengeringan, melainkan mesin pengering dengan kapasitas besar.
  • Sistem IT untuk proses transaksi dan pelaporan ke kantor pusat.
  • Chemical Laundry yang digunakan berkualitas premium, dan ramah lingkungan.
  • Standarisasi pengecekan pakaian untuk antisipasi pakaian rusak, tertukar atau hilang.
  • Pakaian bisa diantar-jemput oleh petugas laundry.

Cara Bergabung Sebagai Patner MELIA Laundry
MELIA Laundry memiliki beberapa ketentuan bagi calon pewaralaba antara lain

  • Calon pewaralaba mempunyai ketertarikan terhadap bisnis laundry sehingga memiliki semangat untuk berwirausaha
  • Tidak gampang menyerah
  • Meluangkan waktu untuk mengembangkan laundry
  • Bersedia menjalankan bisnis MELIA Laundry sesuai dengan Standart Operating Prosedur (SOP)
  • Melaksanakan kewajiban terhadap brand MELIA Laundry sesuai dengan perjanjian waralaba.

Investasi Yang Diperlukan
Pilihan Paket Investasi

  • Paket Workshop. Syarat untuk Paket Workshop memiliki lokasi dengan luas bangunan minimal 150 m2, dan memiliki kapasitas parkir minimal 2 mobil. Mempunyai daya listrik minimal 10.000 watt, dan berlokasi di jalan utama dan strategis. Jangka waktu kerjasama adalah selama 5 tahun, dengan royalti fee sebesar 8%. Untuk mengetahui besaran investasi dan franchise fee-nya, Anda bisa menghubungi hotline 0878 3999 9050 atau MELIA Laundry 0274-7433100. Paket Workshop mendapatkan hak penggunaan nama merek Melia Laundry Drycleaning, Pinjaman 1 Set Manual Standart Operational Prosedure Produksi dan Counter, pelatihan Karyawan, pendampingan usaha, advertising kolektif, serta produk chemical.
  • Paket Counter. Syarat untuk Paket Counter memiliki lokasi dengan luas bangunan minimal 12 m2, yang bisa parkir minimal 1 mobil. Berlokasi di tempat strategis, dan memiliki kapasitas listrik minimal 450 watt, dan line telepon. Jangka waktu kerjasamanya 3 Tahun, dan perkiraan investasi sebesar 5 juta rupiah. Perkiraan balik modal dalam waktu 1 tahun, dengan sharing fee sebesar 30%. Selain itu ada juga paket MELIA Laundry Hotel, dengan masa kerjasama selama 8 tahun. Tetapi yang ini biasanya pihak hotel sendiri yang mengambil. Masyarakat umum biasanya hanya memilih dua alternatif investasi di atas. Apakah paket workshop atau paket counter.

Prospek MELIA Laundry ke Depan

MELIA Laundry memiliki prospek ke depan yang sangat bagus. Perkembangan dunia fashion yang sangat cepat, serta perilaku masyarakat yang ingin serba praktis, sangat membutuhkan jasa laundry. Tidak hanya golongan masyarakat menengah ke atas, yang dituntut untuk berpakaian rapi. Masyarakat golongan menengah ke bawah pun mulai menyadari akan kebutuhan untuk tampil rapi dan wangi.

Selain itu, banyaknya pusat keramaian seperti pertokoan, perumahan, perkantoran dan kampus perkuliahan merupakan pasar yang potensial bagi jasa laundry. Mereka yang memiliki segudang aktivitas, hingga tidak mempunyai banyak waktu untuk mencuci pakaian. Oleh karena itu, Anda yang ingin berbisnis, bisa memilih waralaba MELIA Laundry.

Contoh Outlet Melia Laundry

Melia Laundry Semarang
Melia Laundry Tangerang

Syarat bergabung usaha Melia Laundry, calon pewaralaba cukup mengisi form  permohonan waralaba yang terdapat pada website resminya: http://melialaundry.com/register-franchise/

Source waralaba laundry melia laundry
Comments
Loading...