5 Daftar Asuransi Pendidikan Anak Terbaik di Indonesia!

By | June 2, 2023

Bisnis Waralaba – Sebagian orang tua saat ini sudah mulai memikirkan asuransi pendidikan anak terbaik. Adapun alasannya yakni untuk lebih mudah dalam mempersiapkan dana pendidikan untuk sang buah hatinya. Lalu, apa saja contoh asuransi pendidikan anak terbaik di indonesia

Dengan mendaftar asuransi pendidikan, anak-anak nantinya akan mendapatkan pendidikan layak hingga ke jenjang bangku kuliah. Adapun, asuransi pendidikan ini akan menanggung dana pendidikan anak ketika orang tua mereka meninggal dunia. Lantas, apa itu asuransi pendidikan dan bagaimana cara kerjanya? Yuk simak ulasan di bawah ini agar Anda bisa mengetahui lebih lanjut mengenai asuransi pendidikan.

Jenis Asuransi Pendidikan dan Cara Kerjanya

5 Daftar Asuransi Pendidikan Andak Terbaik di Indonesia!

Asuransi pendidikan anak merupakan salah satu manfaat yang akan di berikan oleh asuransi jiwa. Dengan mengacu pada pengertian dari OJK, jenis asuransi pendidikan anak di bagi menjadi dua bagian yakni ada asuransi pendidikan dwiguna dan asuransi pendidikan unit link. Berikut ini adalah penjelasan secara rincinya.

1. Asuransi Pendidikan Dwiguna 

Untuk yang perta yakni ada jenis asuransi pendidikan dwiguna yang bisa memberikan manfaat asuransi jiwa dan dana tabungan dengan sekaligus. Jadi nantinya, tertanggung wajib membayarkan premi di setiap bulannya dalam periode yang sudah di sepakati sejak awal. Adapun, untuk nominal premi tersebut akan di sesuaikan dengan uang pertanggungan (UP) yang Anda perlukan.

Jadi nantinya, tertanggung bisa menghitung prediksi nilai uang sekolah anak sampai ke jenjang universitas dan akan di sesuaikan dengan uang pertanggungan asuransi. Misalnya saja, ketika anak Anda sudah berusia 2 tahun, maka hitung simulasi berapa biaya yang di perlukan saat anak Anda masuk ke SD, SMP, SMA dan universitas dengan risiko inflasi 10 – 15 % di setiap tahunnya. Maka tentukan nilai tunai uang pertanggungan yang di perlukan dan pilihlah program asuransi pendidikan dwiguna.

Contohnya 15% dari total UP cair pada tahun ke 10 saat anak akan masuk ke bangku SMP, 25% lagi cair di tahun ke 13 saat anak akan masuk ke jenjang SMA. Dan untuk 60% di tahun ke 16 ketika anak masuk ke jenjang Univesitas. Sementara itu, ada juga asuransi pendidikan dwiguna yang akan memberikan manfaat uang pertanggungan baru bisa cair jika terjadi risiko meninggal dunia maupun cacat total. Jika hal ini terjadi maka pihak asuransi akan mengembalikan premi sebesar 110% jika tidak ada klaim hingga masa polis berakhir.

2. Asuransi Pendidikan Unit Link

Kedua yakni jenis asuransi pendidikan anak unit link. Adapun, jenis asuransi pendidikan unit link ini bisa memberikan manfaat asuransi jiwa dan nilai tunai investasi dengan sekaligus yang dapat digunakan untuk biaya pendidikan bagi anak. 

Cara kerjanya yaitu premi yang akan di bayarkan sebagian dananya akan di investasikan kepada instrumen investasi pilihan Anda (reksa dana, pasar uang, pasar saham, obligasi, maupun campuran). Lalu, nilai tunai dan uang pertanggungan baru bisa cair jika terjadi risiko meninggal dunia serta cacat tetap, dan tidak ada klaim sampai masa polis berakhir. 

Sama seperti berinvestasi biasanya, dengan melalui asuransi unit link ini Anda bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih tinggi namun risikonya juga bisa lebih tinggi jika di bandingan dengan dwiguna.

Misalnya saja Anda memilih periode asuransi pendidikan unit link dalam waktu 30 tahun, maka pertanggungan (+ nilai tunai investasi) yang akan Anda terima tidak pasti sebanyak Rp 1 Miliar. Bisa jadi lebih atau bahkan kurang dari nominal tersebut yang tergantung dengan portofolio investasi yang akan di pilih.

Contoh Produk Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

5 Daftar Asuransi Pendidikan Andak Terbaik di Indonesia!

Dalam memilih asuransi pendidikan anak memang tidaklah mudah. Anda perlu mempertimbangkan adanya risiko asuransi pendidikan yang akan di pilih terutama yang mengandung unsur investasi di dalamnya. Oleh sebab itu, Anda perlu cerdik dalam memilih jenis asuransi pendidikan untuk anak Anda.

Jika Anda ingin lebih fokus terhadap nilai dana pendidikan yang lebih pastim sebaiknya Anda memilih jenis asuransi pendidikan anak dwiguna. Hal ini karena, jenis asuransi pendidikan anak dwiguna ini mampu memadukan proteksi dan tabungan saja. Jadi, tidak ada risiko seperti halnya asuransi unit link.

Adapun, untuk jenis asuransi unit link ini akan memadukan proteksi dan unsur investasi dalam pengelolaan dananya. Anda pasti tahu, jika yang namanya investasi pasti memiliki risiko.

Dibawah ini adalah beberapa contoh produk asuransi pendidikan anak terbaik di Indonesia 2023.

1. Asuransi Pendidikan BRI Life

Rekomendasi asuransi pendidikan anak terbaik yang pertama hadir dari BRI Life. Adapun, BRI Life ini mempunyai beberapa produk pilihan untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi anak di masa depan. Diantaranya ada asuransi pendidikan, tabungan pendidikan dan produk asuransi pendidikan syariah.

Dengan premi tahunan hanya sebesar Rp 5 juta, Anak Anda akan mendapatkan Rencana Dana Pendidikan syariah Rp 50 Juta. Adapun, premi asuransi pendidikan anak ini akan di bayarkan dalam jangka waktu 10 tahun.

Adapun, untuk manfaat asuransi pendidikan BRI Life ini adalah jika tertanggung meninggal dunia maka otomatis di berlakukan bebas premi dan dana pendidikan akan tetap di salurkan dengan sebagaimana yang telah di janjikan pada polis asuransi.

Selain ada asuransi pendidikan, BRI Life juga mempunyai banyak produk asuransi unggulan yang lainnya yakni termasuk asuransi jiwa kredit, asuransi jiwa, dan ana asuransi kesehatan.

2. Asuransi Pendidikan Prudential

Dengan premi hanya mulai dari Rp 500 ribu per tahun, Prudential Indonesia mampu memberikan manfaat keuntungan investasi dengan sebesar 15% per 3 tahun sekali. Adapun, produk yang di tawarkan berupa asuransi pendidikan unit link sehingga Anda akan memperoleh proteksi jiwa dan investasi.

Sebagai perusahaan asuransi yang terkemuka, Prudential juga menawarkan dua produk asuransi pendidikan yakni PRUlink Edu Protection serta PRUlink Edu Protection.

3. Asuransi Pendidikan Allianz

Asuransi pendidikan anak terbaik selanjutnya yakni berasal dari Allianz. Allianz ini di ketahui menawarkan asuransi pendidikan dengan adanya besaran premi rendah yakni mulai dari Rp300 ribu per bulan.

Preminya juga bisa jauh lebih murah karena produk asuransi ini memakai sistem endowment atau dwiguna.

Salah satu kelebihan dalam produk asuransi ini yakni jika terjadi risiko kematian, dana pendidikan tidak dikurangi dan akan tetap diberikan kepada si ahli waris yang sesuai dengan perjanjian di dalam polis asuransi.

Allianz Indonesia juga mempunyai berbagai produk asuransi lainnya dengan berkualitas dan telah dipercaya secara internasional, seperti halnya asuransi jiwa, kesehatan, dan umum.

4. Asuransi Pendidikan Manulife

Manulife Indonesia juga menawarkan dua produk asuransi pendidikan anak yang sangat bagus dan bisa Anda pilih, yakni ada Manulife Education Protector dan Manulife ProGraduate.

Produk Manulife Education Protector adalah sebuah asuransi pendidikan anak unit link. Jadi, nilai dana pendidikan yang akan di dapatkan bisa berubah, tergantung dengan persentase kenaikan dan penurunan unit pada instrumen investasi yang telah di pilih.

Sedangkan untuk produk ProGraduate dapat memberikan manfaat yang pasti sesuai dengan perjanjian pada polis asuransi. Karena sifatnya sama seperti tabungan pendidikan dengan berbagai manfaat proteksi jiwa.

5. Asuransi Pendidikan AXA Mandiri

AXA Mandiri mempunyai salah satu produk asuransi pendidikan, yakni Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas. Salah satu keunikan dalam produk asuransi pendidikan anak yang satu ini adalah adanya loyalty bonus di akhir tahun kelima dengan sebesar 1,5 persen.

Preminya juga sangat terjangkau, hanya dengan Rp2,5 juta saja per tahun. Masa pertanggungan maksimum sampai anak berusia 25 tahun.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *