Kunci Sukses Untuk Bertahan di Bisnis Waralaba

Kunci Sukses

Menjalankan sebuah bisnis apapun itu, pelaku bisnis harus siap untuk menghadapi berbagai kendala dan juga resiko bisnis ketika menjalankannya tanpa terkecuali dalam hal persaingan bisnis. Memang banyak sekali kasus ketatnya persaingan bisnis yang membawa kehancuran bisnis tersebut lantaran para pelaku bisnisnya tidak kuat mental atau bahkan belum siap menjalankan roda bisnis.

Pada dasarnya bisnis waralaba merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin terjun ke dunia bisnis terlebih lagi bagi para pemula bisnis. Selain modal usaha yang dibutuhkan lebih kecil jika dibandingkan dengan mendirikan bisnis baru, bisnis waralaba juga merupakan pilihan tepat yang jauh lebih praktis karena biasanya peralatan serta perlengkapan usahanya telah tersedia.

Namun, tidak sedikit bisnis waralaba yang gulung tikar dalam waktu yang cepat sehingga pengusaha harus mempunyai manajemen yang kuat agar bisa bangkit dari kendala bisnis waralaba yang dimungkinkan bisa menerpa.

1. Memiliki Mindset dan Mental Wirausaha

Mindset dan juga mental wirausaha merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh para pelaku bisnis. Pengusaha harus siap menerima dan juga menjalankan tantangan yang ada serta pantang menyerah dan mau bangkit lagi jika menemui kegagalan. Kebanyakan para pelaku bisnis mudah menyerah saat bisnisnya mengalami kerugian, hal inilah yang rentan membuat bisnis waralaba bangkrut.

2. Kuasai Peraturan

Sebagai calon pengusaha franchise atau penerima waralaba, pemilik usaha juga perlu mempelajari Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2007 yang mengatur tentang bisnis waralaba saat ini. Peraturan bisnis waralaba tersebut dijelaskan mengenai kriteria bisnis waralaba, hak dan kewajiban masing-masing franchise dan juga franchisor, perjanjian kerja sama yang benar dan lain sebagainya.

3. Pilih Bisnis Waralaba Yang Beda

Pilihlah jenis bisnis waralaba yang belum ada atau masih jarang dijumpai. Jenis bisnis yang memiliki keunikan dan perbedaan dari lainnya akan lebih banyak dilirik dan juga diminati oleh para konsumen. Hal ini akan mempengaruhi sukses atau tidaknya bisnis waralaba.

4. Lokasi Strategis

Pilihlah lokasi bisnis yang sangat strategis, misalnya saja di sudut perempatan, di pinggir jalan, tempat keramaian di sekitar ruko atau supermarket dan lain sebagainya. Semakin ramai lokasi yang dipilih, kemungkinan para pengunjung membeli juga akan semakin besar. Dengan begitu, omset penjualan dapat semakin meningkat.

5. Perhatikan Kualitas dan Mutu Produk

Kualitas dan mutu produk harus dijaga dan diutamakan sesuai dengan Standard Operating Prosedures (SOP). Apalagi jika menjalankan bisnis waralaba makanan. Rasa dan juga kualitas makanan harus dipertahankan secara konsisten. Karena itulah wajib memberikan pembinaan serta pengawasan rutin kepada karyawan.

6. Jaminan Kelengkapan Barang

Ketersediaan bahan baku atau barang merupakan faktor penting yang harus selalu dipantau. Usahakan untuk tidak membuat pelanggan merasa kecewa dan beralih ke toko lain hanya dikarenakan outlet kehabisan stok.

7. Mempunyai Strategi Jitu

Menjalankan bisnis apapun itu pasti ada persaingan. Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi marketing dan juga promosi yang kencang demi menopang bisnis waralaba agar tetap berjalan. Bisnis Waralaba juga wajib berinovasi dan mempunyai kreativitas dalam memberikan promo-promo menarik sehingga para pelanggan akan setia untuk selalu membeli di outlet.

Beberapa point penting di atas perlu diterapkan, sehingga nantinya bisnis tidak terbentur dengan persaingan bisnis yang ada dan mampu menghadapi berbagai kendala nantinya. Semoga bermanfaat.

Source kunci sukses berwaralaba 7 Kunci sukses
Comments
Loading...