Franchise Juragan Kebab

Franchise Juragan Kebab

Kebab sudah cukup akrab dilidah masyarakat Indonesia. Banyak bisnis kuliner yang menjajakan menu khas Timur Tengah ini. Peluang bisnis jajanan daging panggang yang dibalut tortilla memang lezat rasanya.  Ini terbukti dengan bermunculan berbagai usaha yang mengangkat nama kebab sebagai menu utamanya.  Banyak bisnis kebab menawarkan kemitraan yang membuat kebab semakin dikenal bukan hanya di kota besar melainkan juga ke beberapa daerah di seluruh Indonesia.

Juragan Kebab didirikan oleh Anisa Fauziah pada Februari 2010.  Pengelolaan yang cukup mudah (fast food) dan minimnya risiko basi, serta ditambah tingginya minat masyarakat terhadap kebab menjadi alasan Nisa untuk memilih usaha ini. Kebab itu meski sudah banyak pelaku usahanya, namun pembelinya tidak berkurang dan justru terus semakin bertambah.

Mengawali usaha dengan gerobak dipinggir jalan (kaki lima), Nisa ini mengeluarkan modal sebesar Rp 7 juta yang digunakan untuk membeli kebutuhan usaha termasuk booth yang memang menjadi ciri khas dari usaha kebab.  “Modal awal kami dapat dari uang tabungan dan dibantu dari tambahan orang tua.  Uang tersebut digunakan untuk membeli gerobak dan burner bekas perbaikan dan renovasi gerobak, peralatan masak, perlengkapan kebab, bahan baku awal, banner dan brosur untuk promosi.

Nisa menawarkan kebab pada mahasiswa maupun masyarakat sekitar kampus Bina Sarana Informatika (BSI), Bekasi membuat nama Juragan Kebab cepat dikenal.  Kebetulan di kampus kami, BSI Bekasi tidak ada kantin, sehingga teman-teman banyak yang enggan jajan turun ke bawah.  Jadi Nisa membawa kebab dan burger yang sudah matang dan dijajakn di kampus.

Juragan Kebab Tawarkan Menu Kebab yang Berbeda

Nisa mencoba membuat menu kebab yang berbeda salah satunya dengan menghadirkan menu kebab mini, dan juga menghadirkan menu perpaduan cita rasa Timur Tengah dengan Indonesia mulai dari Kebab Rendang, Kebab Ayam Rica-Rica, dan Kebab Ayam Lada Hitam.  Inspirasi menu-menu tersebut ada yang berdasarkan keinginan konsumen, namun ada pula yang sengaja dibuat sendiri.

Selain varian rasa kebab yang unik, Juragan Kebab juga menghadirkan menu Roti Maryam dengan empat pilihan rasa mulai dari Maryam Original, Cokelat, Keju, dan Komplit.  Sedangkan untuk varian minumannya Juragan Kebab menawarkan menu Jourtea, sebuah racikan Milk Tea khas negeri Thailand. Harga Kebab Mini buatan Nisa dijual mulai dari Rp 5-11 ribu, untuk roti Maryam mulai dari Rp 7-10 ribu, sedangkan untuk Jourtea Rp 5-10 ribu.

Peluang Bisnis Franchise Bersama Juragan Kebab

Nisa membuka kerjasama kemitraan diakhir 2015.  Nisa menawarkan 3 paket kemitraan yaitu

  • Paket Booth Portable dan Booth Kios dengan nilai Rp 7,5 juta
  • Paket Gerobak dengan investasi Rp 13 juta.

Fasilitas mitra yang didapat seperti keperluan usaha mulai dari booth, bahan baku awal sebanyak 200 Kebab dan Roti Maryam, kemasan box, peralatan memasak seperti bunner, wajan, kompor, gas, sodet dan lain sebagainya.  Diluar itu mitra juga akan mendapatkan media promosi, mulai dari daftar menu, flyer, stand banner, dan juga konsultasi usaha.

Dalam kerja sama ini, Nisa tidak mengambil franchise fee maupun royalty fee dari mitra, namun mitra diwajibkan membeli bahan baku pada pewaralaba (pemilik merek) dengan jumlah sesuai kebutuhan mitra.

Sedangkan untuk karyawan, selain mendapatkan seragam juga akan mendapatkan pelatihan selama 3 hari.  Meski pelatihan terbatas namun untuk konsultasi usaha Nisa akan memberikan kemudahan dan juga pelayanan tanpa batas bagi mitra.

Mitra akan balik modal dalam waktu 2 bulan dengan asumsi rata-rata omset Rp 8-15 juta per bulan.  Setelah dikurangi belanja bahan baku 50% gaji pegawai 10%, sewa tempat dan operasional 10%, maka keuntungan yang bisa diraih sekitar 30%. Outlet dengan lokasi ramai rata-rata omset Rp 500-Rp 600 ribu per hari. Nisa menyarankan mitra untuk mencari lokasi strategis seperti dekat sekolah atau kampus dan juga di jalan yang ramai, tetapi juga harus memiliki lahan parker yang sekiranya kendaraan roda empat bisa terparkir dengan baik.

Kendala Usaha

Juragan Kebab saat ini telah memiliki tiga cabang.  Untuk menyikapi ketatnya persaingan dengan competitor, Nisa selalu menjadikan sebagai acuan dan motivasi untuk menjadi lebih maju.  Sedangkan untuk kendala utama usaha ini diakui Nisa yaitu masalah lokasi. Untuk lokasi harus benar-benar memilih lokasi yang sangat strategis.

Contoh Outlet Juragan Kebab

Info Lebih Lanjut 

JURAGAN KEBAB
Jl. Palem I, No 4, Rt 04, Rw 08, Jatimulya, Bekasi
Telp : 082210322864
Website: juragankebabindonesia.blogspot.co.id

Source Franchise Juragan Kebab Modal 7,5 Juta
Comments
Loading...