67 % Bisnis Waralaba Di Indonesia Di Bidang Makanan

67 % Bisnis Waralaba Di Indonesia Di Bidang Makanan

Berbisnis menjadi salah satu langkah yang bisa diambil anak muda dalam mencari nafkah. Makanan menjadi bisnis yang paling banyak diincar karena tingginya kebutuhan masyarakat pada komoditas tersebut. Bagi pebisnis pemula, konsep waralaba atau franchise juga banyak disukai.

Sebab, pemilik modal cukup menyediakan dana dan lokasi lalu, voila! bisnis sudah berdiri. Pengurus Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Bije Widjajanto, mengatakan lebih dari 50 persen franchise di seluruh dunia adalah makanan. Sementara, di Indonesia, 67 persen bisnis franchise adalah makanan.

Menurut data yang dimiliki, sejauh ini ada sekitar 300 franchise makanan di Indonesia. Dilihat menurut asalnya, franchise makanan terbanyak berasal dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Malang. Dari kota-kota tadi, hampir semua sudah ekspansi ke luar Jawa merata hingga ke Papua.

Dengan adanya ekspansi tersebut, ternyata tidak menggerus pegiat kuliner daerah setempat. Justru dengan adanya kemunculan pesaing, para pelaku bisnis kuliner di daerah menjadi berbenah diri dan melakukan berbagai inovasi agar bisnisnya tidak tenggelam.

Yang tadinya itu ada warung sate sudah puluhan tahun di situ, orang (konsumen) mau tidak mau ke situ karena tidak ada tempat lain. Kemudian ada franchise dari luar datang masuk di situ, bagus ada warna-warninya teranglah pelanggan dari situ pindah semua nyari suasana baru. Karena dia tidak mau ditinggalkan pelanggannya, dia harus memperbaiki.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/potret-waralaba-indonesia-67-persen-berbisnis-makanan-waralaba-makanan-di-indonesia.html
Comments
Loading...