7 Rahasia Waralaba McDonald’s

7 Rahasia Waralaba McDonald’s

Mengandalkan menu lezat nan praktis dengan harga terjangkau memang jadi daya tarik franchise asal Amerika Serikat ini. Tak heran, setiap harinya restoran cepat saji yang terkenal akan aneka sajian burgernya itu tak pernah sepi pengunjung.

Tak hanya aneka menu seperti burger, ayam goreng, hingga es krim lembutnya yang menggugah selera. Rahasia-rahasia di balik kepopuleran restoran yang telah berdiri sejak 1940 silam itu juga menarik untuk ditelusuri.

Awalnya restoran barbeque

McDonald’s telah lama dikenal sebagai restoran yang menyajikan aneka makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, dan ayam goreng tepung yang renyah. Pada awalnya McDonald’s merupakan restoran yang menyajikan menu barbeque.

Saat pertama kali didirikan, McDonald’s hanya menyajikan menu daging sapi atau babi yang dipanggang bersama aneka saus pelengkap. Memasuki tahun 1970-an, gerai ini mulai menyediakan Egg McMuffin berupa setangkup roti bun berisi telur, keju, dan daging sapi yang langsung populer di berbagai wilayah Amerika.

Distributor mainan terbesar di dunia

Bukan menu Big Mac, ternyata Happy Meal merupakan menu populer yang paling banyak dibeli di restoran bermaskot badut Ronald ini. Dilansir The Daily Meal, di antara menu andalan lainnya, presentase pembelian menu Happy Meal di seluruh dunia mencapai 20 persen atau sekitar 68 juta paket yang terjual setiap harinya.

Sepaket Happy Meal yang dilengkapi aneka mainan lucu menjadi salah satu daya tariknya terutama bagi anak-anak. Hal itu juga yang membuat McDonald’s berada di posisi puncak sebagai distributor mainan terbesar di dunia.

Memiliki tujuh Universitas Hamburger di dunia

Tak hanya dikenal sebagai salah satu franchise makanan cepat saji terbesar di dunia, McDonald’s ternyata memiliki pusat pendidikan yang tersebar di berbagai negara. Pertama kali didirikan tahun 1961, pusat pendidikan bernama Hamburger University itu memiliki tujuh cabang yang berada di Illinois, Munich, London, Tokyo, Brazil, hingga Beijing.

Mengajarkan prosedur operasional dan teknik-teknik kepemimpinan yang benar, hingga kini Hamburger University telah meluluskan lebih dari 275 ribu orang mulai dari manager, pemasok bahan, hingga pemilik cabang McDonald’s dari seluruh dunia.

Donald Trump merupakan pelanggan setia McDonald’s

Dalam beberapa kesempatan, Donald Trump kerap terlihat sedang menyantap sepaket menu ala McDonald’s. Sudah menjadi rahasia umum bahwa presiden Amerika Serikat ke-45 itu merupakan salah satu pelanggan setia gerai ini.

Wartawan Amerika, Michael Wolff, dalam bukunya berjudul ‘Fire and Fury: Inside the Trump White House’ menuliskan bahwa alasan Trump sering menyantap makanan cepat saji adalah karena adanya kekhawatiran akan diracuni oleh musuh. Membeli makanan cepat saji melalui pengawalnya dianggap lebih aman dan tak berisiko.

Kentang goreng McDonald’s terbuat dari 17 bahan

Terlihat sederhana dan mudah dibuat, nyatanya dalam seporsi kentang goreng McDonald’s terdapat sekitar 17 bahan campuran. Selain kentang sebagai bahan utama, kentang goreng ala McDonald’s juga dilengkap dengan sederet bahan lainnya mulai dari minyak kanola, minyak kedelai, perasa dari sayuran, garam, minyak sunflower, minyak sayur, dan 10 bahan perasa lainnya.

McDonald’s terbesar di dunia ada di Orlando

Di antara ribuan cabang McDonald’s di seluruh dunia, ternyata ada satu gerai terbesar dan termegah yang berada di Amerika Serikat. Tepatnya ada di kota Orlando, Florida, gerai ini memiliki luas mencapai 180 meter persegi dengan tinggi bangunan sekitar 14 meter.

Tak hanya sebagai tempat makan, di sini terdapat lebih dari 100 mesin permainan, labirin dan seluncuran untuk anak-anak, area balita, serta akuarium raksasa. Selain itu, McDonald’s termegah di dunia ini juga menyediakan menu-menu unik. Seperti sandwich panini, Philly cheese steak and turkey wraps, hingga aneka pasta.

Menu Happy Meal dapat membantu diet

Dilansir Business Insider, sebuah penelitian menyebutkan bahwa menu Happy Meal dapat membantu menurunkan berat badan. Merchandise atau mainan menggemaskan menjadi salah satu daya tarik menu Happy Meal. Sehingga lebih memotivasi orang untuk memesan menu khusus anak-anak berporsi kecil ini.

Selain porsinya yang lebih kecil, menu khusus tersebut biasanya dibuat dengan bahan-bahan lebih bergizi dan aman untuk anak-anak. Dengan begitu, asupan kalori dan bahan perasa yang masuk ke dalam tubuh. Lebih sedikit dibandingkan menyantap menu ala McDonald’s lainnya.

Source https://kumparan.com/ https://kumparan.com/@kumparanfood/mengungkap-7-rahasia-mcdonald-s-27431110790552632
Comments
Loading...