AFI Sebut Bisnis Waralaba Sedang Naik Daun

AFI Sebut Bisnis Waralaba Sedang Naik Daun

Salah satu kekuatan sekaligus mesin penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah konsumsi. Laju pertumbuhan ekonomi nasional yang stabil di kisaran 6 persen dan berhasil bertahan di tengah gelombang krisis ekonomi dunia tidak lepas dari peran sektor konsumsi dalam negeri.

Tingginya konsumsi domestik dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk menjajaki bidang usaha tertentu. Di antaranya melalui program waralaba atau franchise dan program kemitraan. Tidak bisa dipungkiri, pintu masuk berkembangnya bisnis waralaba di Indonesia adalah waralaba makanan cepat saji asal Amerika Serikat yaitu KFC dan Mc Donald’s.

Setelah itu muncul waralaba lokal seperti Es Teler 77. Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) terus mendorong perkembangan bisnis ini. Salah satunya melalui gelaran Info Franchise dan Business Concept Expo (IFBC) di Balai Kartini, Jakarta.

Dalam pameran yang berlangsung mulai 1 Maret hingga 3 Maret ini, tersedia sekitar 90 unit waralaba. Peluang usaha franchise jenis apapun bisa ditemui. Cerahnya prospek bisnis di Indonesia membuat bisnis franchise di Indonesia makin menjamur.

Waralaba didasarkan pada merek yang legal, dukungan operasional, sumber daya manusia (SDM) yang telah kuat, serta perhitungan yang matang. Melalui pameran franchise ini, pengunjung juga dapat memulai investasi dengan nilai mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 1 miliar.

Fredy menargetkan 15.000 pengunjung untuk tahun ini dengan nilai transaksi sebesar Rp 150 miliar. Optimisme ini didasari oleh perolehan dari pameran tahun 2012 lalu yang berhasil menarik pengunjung hingga 14.000 orang dengan nilai transaksi mencapai Rp 130 miliar.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/afi-sebut-bisnis-waralaba-sedang-naik-daun.html
Comments
Loading...