Air Terjun Tirtosari, Review Lengkap Keindahan Alam di Sarangan Magetan

By | September 15, 2023

Air Terjun Tirtosari atau Air Terjun Tirtasari terletak di antara perbukitan yang menjulang tinggi dihiasi pepohonan yang sangat rindang, serta udaranya sangat sejuk.

Air Terjun Tirtosari selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari daerah sekitar maupun dari luar daerah. Rata-rata jumlah pengunjung yang datang per harinya mencapai 100 hingga 200 orang. Beda kalau akhir pekan atau hari libur, jumlahnya bisa dua kali lipat bahkan lebih.

Kabupaten Magetan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, beribukota di Magetan. Magetan mempunyai dua julukan yaitu “Kota Kaki Gunung” karena letak geografisnya yang berada di kaki dan lereng Gunung Lawu. Selain itu, Magetan juga disebut sebagai “The Nice of Java” karena memiliki panorama alam yang memukau.

Air Terjun Tirtosari
Air Terjun Tirtosari. peta google. sumber: Abu Hakim Adel

lihat juga: tirto gumarang

Gunung Lawu berada di bagian barat Kabupaten Magetan, ketinggiannya mencapai 3.265 m. Di kawasan pegunungan ini terdapat tempat wisata yang sangat populer yaitu Telaga Sarangan dan Air Terjun Tirtosari.

Berikut ulasan lengkap Air Terjun Tirtosari sebagai referensi awal liburan sejuk dan indah di Magetan. Lihat ini!

Aneka Wisata Air Terjun Tirtosari

1. Menikmati keindahan alam Air Terjun Tirtosari

Air Terjun Tirtosari tingginya sekitar 50 meter, bentuknya memanjang lurus dari atas hingga bawah. Terletak di antara pepohonan rindang.

Keistimewaannya adalah terdapat jalan di kedua sisinya, sehingga kita bisa menikmati keindahan Air Terjun Tirtosari dari dekat.

Di pinggir tebing tinggi berjajar warung makan atau minuman untuk Anda beristirahat sambil menikmati sejuknya udara di sekitar Air Terjun Tirtosari.

menikmati liburan
menikmati liburan. peta google. sumber: Margaretha Merlyna

Lihat juga: Kawasan Wisata Bumi Perkemahan Alastuwo

Di kawasan Air Terjun Tirtosari tidak ada aktivitas berenang karena kolamnya sangat kecil dan airnya terus mengalir lurus ke bawah secara bertahap untuk kemudian mengalir ke desa-desa sekitarnya.

Anda bisa merasakan gemericik air terjun dengan mendekati kolam kecil yang berada tepat di bawah Air Terjun Tirtosari.

Atau bisa juga berada di jembatan depan air terjun sambil melihat pemandangan yang sangat indah.

Air Terjun Tirtosari sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan, serta menyendiri dari kesibukan yang membelenggu.

Nikmati ketenangan alam yang dihadirkan dengan suara deburan air terjun yang selalu menjadi pusat perhatian.

2. Berburu Selfie

Keindahan alam selalu memberikan pemandangan yang luar biasa, sayang untuk Anda lewatkan. Perjalanan menuju Air Terjun Tirtosari menyuguhkan hamparan keindahan alam yang luar biasa.

Anda bisa berfoto dengan latar pegunungan yang menjulang tinggi, dihiasi persawahan dan perkebunan yang tertata rapi. Dan aliran airnya sangat jernih dan bersih.

Lihat juga: Mbah Djoe Resort Magetan

Mungkin inilah yang disebut surga dunia, indahnya hamparan Desa Ngancar. Udaranya sejuk dan bersih, tidak ada polusi udara.

pemandangan selama perjalanan
pemandangan selama perjalanan. peta google. sumber: Udara yang teduh

Keindahan alam ini layak untuk diabadikan dalam sebuah foto atau video. Jangan lupa untuk berfoto selfie dengan latar belakang Air Terjun Tirtosari yang indah.

Lokasi dan Alamat Air Terjun Tirtosari

Lokasi dan alamat Air Terjun Tirtosari berada di Desa Ngancar, Ngluweng Kolon, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.

Rute Air Terjun Tirtosari

Rute menuju Air Terjun Tirtosari adalah dari pusat kota Magetan, akses jalannya sangat mudah dan dapat dilalui oleh kendaraan jenis apapun. Anda bisa menanyakan arah menuju Air Terjun Tirtosari kepada warga sekitar.

Lokasi Air Terjun Tirtosari tidak jauh dari Telaga Sarangan. Untuk menuju spot utama, Anda bisa naik ojek atau berjalan kaki dengan jarak kurang lebih 1 km.

Lihat juga: Taman Wisata Desa Jabung

Setelah itu Anda harus melanjutkan dengan berjalan kaki, menyusuri jalan setapak yang dihiasi pemandangan luar biasa.

Tiket Masuk Air Terjun Tirtosari

Tiket masuk untuk menikmati keindahan Air Terjun Tirtosari tidak mahal, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 7.000 per orang saja.

Pemandangan air terjun Tirtosari
Pemandangan air terjun Tirtosari. peta google. sumber: Udara yang teduh

Jam Buka Air Terjun Tirtosari

Jam operasional Air Terjun Tirtosari dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Fasilitas Air Terjun Tirtosari

  • Fasilitas yang tersedia di kawasan Air Terjun Tirtosari adalah banyaknya warung makan disekitarnya, selain itu juga terdapat kamar mandi umum.
  • Bagi Anda yang tidak bisa berjalan kaki menuju lokasi Air Terjun Tirtosari, pihak pengelola menyediakan layanan sewa kuda yang akan mengantarkan Anda menuju Air Terjun Tirtosari tanpa harus lelah berjalan kaki.
  • Selain itu juga terdapat area parkir dan musala.

Lihat juga: Bukit Parang

Tips Perjalanan

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Air Terjun Tirtosari, sebaiknya ikuti tips wisata berikut ini:

  • Pastikan kondisi cuaca cerah, tidak berawan atau hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk perjalanan jauh.
  • Anda harus dalam kondisi prima saat berwisata ke Air Terjun Tirtosari.
  • Jika belum kuat, sebaiknya jangan dipaksakan dan manfaatkan fasilitas yang disediakan pengelola.
  • Ada baiknya jika Anda datang pada pagi hari agar kesejukan udara bisa lebih terasa alami.
  • Selalu awasi anak-anak.
  • Jaga selalu kawasan Air Terjun Tirtosari agar tetap bersih dan asri
  • Siapkan perangkat anda untuk mengabadikan setiap keindahan yang tercipta.

Oleh Khas Magetan

Bagi anda yang berasal dari luar Magetan, wajib hukumnya membawa oleh-oleh khas Magetan untuk sanak saudara di rumah. Berikut referensi oleh-oleh khas Magetan yang wajib Anda beli:

  • Jenang Candi, berasal dari Desa Candi. Jenang ini juga biasa disebut jenang dodol oleh warga sekitar. Harganya sangat murah yaitu sekitar Rp. 35.000,- hingga Rp. 50.000,-.
  • Bolu Magetan, berbentuk elips dengan tekstur lembut dan manis. Harganya sangat murah yaitu hanya Rp. 5.000,- hanya untuk 10 kue.
  • Jadah, jajanan berwarna putih yang terbuat dari ketan dan kelapa. Jadah memiliki rasa yang lembut, empuk dan gurih. Harganya sangat murah yaitu Rp. 1.500 per buah saja.
  • Madu Mongso, dibuat seperti tape ketan namun ditambah gula putih, gula merah, dan santan. Rasanya sedikit asam karena berasal dari fermentasi tape. Harganya sekitar Rp. 145.000,- perkilonya.
foto dengan air terjun Tirtosari
foto dengan air terjun Tirtosari. peta google. sumber: TITIK FITRIANI

Lihat juga: Hutan Hijau Lawu Magetan

Penutupan

Keindahan alam yang dihadirkan Magetan khususnya Desa Ngancar Sarangan tempat Air Terjun Tirtosari berada sungguh luar biasa dan tidak ada yang menandinginya.

Alam yang dianugerahkan Tuhan kepada kita, hendaknya kita bersama-sama menjaganya. Dengan tujuan agar alam selalu baik kepada kita. Jika kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita.

Bagi Anda yang akan berkunjung ke Air Terjun Tirtosari, Anda akan menikmati suasana yang diimpikan semua orang.

Nikmati keindahan alam Air Terjun Tirtosari, jangan lupa siapkan foto-foto terbaikmu ya!

www.nativeindonesia.com

Category: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *