Alasan Merubah Bisnis Menjadi Bisnis Franchise

Alasan Merubah Bisnis Menjadi Bisnis Franchise

Dunia bisnis yang semakin berkembang pada saat ini sedikit banyak juga ikut terpengaruh oleh pesatnya perkembangan arus teknologi informasi dan komunikasi. Kecanggihan teknologi seolah – olah merubah setiap saat pun, kini menjadi semacam acuan dan sebagai alat wajib untuk membantu perkembangan bisnis kita. Maraknya sosial media, blog dan internet sebagai alat pemasaran via dunia maya kini menjadi hal wajib bagi para pelaku bisnis. Jangkauan pemasaran yang luas serta mudah untuk dipelajari menjadi salah satu poin khusus untuk para pelaku bisnis tersebut.

Begitu pula dengan dunia bisnis, banyak kini para pebisnis yang memulai bisnis dari secara mandiri, demi melihat peluang dan perkembangan yang ada serta ditambah kepopuleran bisnis yang dirintisnya tersebut, berubah menjadi sebuah bisnis waralaba atau bisnis franchise.

Beberapa pertimbangan dan analisa sebelum memutuskan apakah sebuah bisnis mandiri bisa dan layak untuk di jadikan sebuah model bisnis franchise.

1. Memiliki ciri yang khas dalam bisnis

Sebuah bisnis yang awalnya dijalankan secara mandiri dan ingin diwaralabakan atau menjadi bisnis franchise harus memiliki ciri khas dibanding dengan usaha sejenis. Usaha yang memiliki ciri khas tentu lebih dilirik dan diminati oleh konsumen.

2. Terbukti sudah memberikan keuntungan

Bisnis mandiri yang ingin diwaralabakan atau menjadi bisnis franchise harus terbukti berhasil dan memberikan keuntungan secara konsisten dalam beberapa tahun terakhir. Hal semacam ini wajib agar tidak merugikan calon pembeli waralaba yang ingin menjadi mitra dalam bisnis.

3. Memiliki standar atas pelayanan dan barang dan / atau jasa yang ditawarkan dan dituangkan dalam SOP yang baku

Bisnis franchise harus mempunyai standar baku atau SOP yang mudah dilaksanakan dan telah berhasil dipraktekkan sebelumnya. Standar pelayanan semacam ini harus dituangkan secara tertulis dan bersifat tetap. Dengan kata lain, harus mempunyai panduan tertulis sebagai pedoman yang bisa diikuti oleh calon mitra dalam yang ingin membeli bisnis franchise ini.

4. Mudah diajarkan dan diaplikasikan

Usaha yang layak menjadi sebuah bisnis franchise adalah usaha yang mudah diajarkan dan diterapkan oleh siapapun dan dimanapun. Artinya, pemilik bisnis franchse bisa menduplikasikan usaha dengan mudah dan diaplikasikan di wilayah yang ditempati.

5. Adanya dukungan yang berkelanjutan

Pemilik bisnis franchise tidak hanya menjual merk dagang dan hak dagang saja, tetapi juga harus menyertakan dukungan penuh secara berkala kepada franchisee, seperti bantuan terkait operasional, teknis, manajemen dan pemasaran.

6. Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang telah terdaftar

Ini adalah salah satupoin yang terpenting, yaitu mengenai Hak Kekayaan Intelektual. Suatu merk dagang yang ingin di franchise-kan, terlebih dahulu harus mendaftarkan merk dagangnya ke Pemerintah. Jangan sampai bisnis franchise yang sudah berjalan harus tersandung masalah hukum akibat penggunaan merk dagang dan jenis usaha yang menyalahi hak kekayaan intelektual bisnis sejenis.

Source Alasan Merubah Bisnis Menjadi Bisnis Franchise 6 Alasan Merubah Bisnis Menjadi Bisnis Franchise
Comments
Loading...