Alasan Pebisnis Waralaba Enggan Urus Lisensi STPW

Alasan Pebisnis Waralaba Enggan Urus Lisensi STPW

Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI) mengungkapkan, saat ini masih banyak pengusaha waralaba di Tanah Air yang belum mengurus lisensi Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW). Sedangkan yang baru memiliki lisensi tersebut hanya 360 usaha waralaba.

Padahal, kata Ketua Umum WALI Levita Supit, manfaat dari adanya lisensi dapat lebih mudah memasarkan bisnisnya ke luar negeri. Sebab, jika ingin go international maka persyaratan utamanya adalah STPW. Levita menyebutkan, untuk mendapatkan lisensi STPW maka pengusaha waralaba harus memenuhi beberapa persyaratan. Salah satunya, laporan keuangan yang menunjukkan bisnis tersebut telah memperoleh profit atau keuntungan.

Selain itu, bisnis tersebut minimal telah berdiri selama lima tahun dan telah memiliki outlet paling sedikit tiga cabang. ‎Serta, pebisnis harus terlebih dahulu mempatenkan merk dagangnya sebelum mengajukan lisensi STPW.

Persyaratan-persyaratan tersebut kerap memberatkan dan membuat para pelaku waralaba urung mengurus lisensi STPW. Karena pebisnis waralaba di Tanah Air kebanyakan adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang laporan keuangannya belum tertata rapi.

Source https://ekbis.sindonews.com/ https://ekbis.sindonews.com/read/1136151/34/alasan-pebisnis-waralaba-enggan-urus-lisensi-stpw-1472802712
Comments
Loading...