Alfamart Ekspansi 120 Gerai di Filipina

Alfamart Ekspansi 120 Gerai di Filipina

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) melalui anak usahanya, PT Alfamart Retail Asia Pte. Ltd (ARA), bakal menambah 100-120 gerai baru di Filipina. Aksi korporasi tersebut didanai pinjaman bank lokal Filipina. Adapun, bisnis model yang diterapkan berupa perusahaan patungan (join venture/JV) antara ARA yang bermarkas di Singapura dan SM Retail Supermarket.

Masing-masing mencatatkan kepemilikan sebesar 35% dan 65%. Saat ini, total gerai Sumber Alfaria di Filipina tercatat mencapai 44 titik. Sebelumnya, perseroan menargetkan tahun lalu mampu menambah jumlah gerainya hingga 50 titik.

Sedangkan, Tomin menjelaskan Sumber Alfaria juga akan menambah 1.200 gerai Alfamart baru hingga akhir tahun ini. Lebih dari 50% justru akan kami buka di luar pulau Jawa. Karena kami sudah punya beberapa distribution channel seperti di Pontianak, Banjarmasin, Manado, dan Batam yang terbaru Februari 2015.

Lebih lanjut Tomin menjelaskan perseroan akan memaksimalkan penggunaan distribution channel (DC) hingga 90-95% dari total kapasitas. Sehingga, penambahan gerai akan dipusatkan tidak jauh dari DC guna meminimalisir biaya distribusi.

Setelah Batam, perseroan bakal menambah dua titik DC di Cianjur, Jawa Barat dan Serang, Banten. Sesuai rencana, DC akan dibangun di tanah seluas 2-3 hekatare (ha) dengan luas bangunan 8-10 ribu meter persegi. Per 31 Maret 2015, perseroan tercatat memiliki 10.086 gerai Alfamart, dimana 2.958 diantaranya merupakan gerai franchise. Adapun, jumlah DC mencapai 31 titik.

Sedangkan, gerai Dan+Dan telah mencapai 58 titik dan satu titik DC. Lalu, melalui anak usahanya PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI) perseroan memiliki 809 gerai Alfamidi dan 48 gerai Lawson dengan total enam DC.

Terkait investasi, tahun ini Sumber Alfaria menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 2 triliun. Besaran tersebut dialokasikan untuk ekspansi gerai dan DC baru serta peremajaan existing gerai dan DC dengan komposisi 65% : 35%. Adapun, sumber pendanaan semua berasal dari kas internal.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/emiten/277772-alfamart-ekspansi-120-gerai-di-filipina.html
Comments
Loading...