Alfamart Ekspansi Pasar Kalimantan

Alfamart Ekspansi Pasar Kalimantan

Setelah gencar membuka gerai di Jawa, Sumatera, Bali, dan Sulawesi. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk kini melirik Kalimantan sebagai tujuan ekspansi selanjutnya. Demi memuluskan rencana tersebut,  pemilik jaringan minimarket Alfamart ini sedang menjajaki pendirian pusat distribusi di pulau kaya hasil tambang ini.

Sumber Alfaria membidik wilayah Samarinda atau Banjarmasin sebagai lokasi pendirian pusat distribusi di Kalimantan. Targetnya, pada semester I tahun 2013, perusahaan sudah mendapat kepastian lahan untuk dibangun pusat distribusi.

Pembangunan pusat distribusi diperkirakan  memakan waktu delapan bulan. Sebagai gambaran, rata-rata pusat distribusi Alfamart membutuhkan lahan seluas 8.000 meter persegi (m2)-10.000 m2 untuk melayani 250-300 gerai.

Investasi untuk setiap pusat distribusi sekitar Rp 100 miliar. Walaupun pusat distribusi direncanakan berlokasi di Samarinda atau Banjarmasin, namun pembukaan gerai nantinya tidak hanya dilakukan di dua kota itu, melainkan menyebar di sejumlah kota lainnya di Kalimantan. Solihin belum bisa memastikan jumlah dan lokasi gerai yang akan dibuka.

Untuk ekspansi ke Kalimantan, perusahaan akan memulai dengan membuka gerai sendiri dulu, sebelum menggandeng investor dengan sistem waralaba. Saat ini, Sumber Alfaria sudah mengoperasikan 21 pusat distribusi, serta sedang membangun satu pusat distribusi di Pekanbaru. Selain itu, ada dua lagi yang masih dalam tahap perencanaan, yaitu di Jambi dan Bogor.

Sampai penghujung 2012, Alfamart sudah memiliki sekitar 7.000 gerai, setelah ada penambahan 1.000 gerai baru pada tahun lalu. Ekspansi penambahan gerai tahun ini pun ditargetkan setidaknya sama dengan tahun sebelumnya.

Source http://industri.kontan.co.id/ https://industri.kontan.co.id/news/alfamart-melebarkan-pasar-ke-kalimantan
Comments
Loading...