Anak Muda Unsur Suksesnya Bisnis Waralaba

Anak Muda Unsur Suksesnya Bisnis Waralaba

Penyelenggaraan Franchise & License Expo Indonesia 2015 menghadirkan para pakar waralaba dari dalam dan luar negeri. Pameran ini diikuti sekitar 300 merek waralaba yang berasal dari 16 negara termasuk Indonesia.

Bisnis waralaba mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dapat dilihat dari berkembangnya bisnis ini di negara Asia maupun Amerika. Waralaba sendiri merupakan bisnis kreatif dan inovatif yang memberikan kesempatan dan peluang bagi para pemilik modal untuk menjadi seorang pengusaha.

Dalam lima tahun ini, faktor utama pendorong suksesnya waralaba ternyata anak muda baik dari lokal maupun asing. Anak muda dengan jiwa semangat tinggi menjadi pendorong suksesnya bisnis ini. Nyatanya, dengan kreativitas dan inovasi yang mereka buat memberikan keuntungan sendiri bagi usaha mereka.

Bahkan, banyak anak muda zaman sekarang berpikir lebih baik menjadi wirausahawan ketimbang karyawan. Mereka cenderung berwirausaha karena hobi masing-masing, contohnya, membuka restoran, kantin, salon mobil yang merupakan keterampilan dan minat mereka. Sebab itu, usaha mereka berkembang pesat. Hal ini yang perlu kita acungi jempol.

Dengan usaha waralaba dapat membantu Pemerintah dalam mengurangi pengangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Saat ini, anak muda yang baru selesai sekolah maupun mencari pekerjaan banyak yang sudah bergabung dalam bisnis waralaba ini.

Karena kemudahan dalam sistem waralaba ini memberikan peluang pada setiap orang yang ingin menjadi pengusaha. Bahkan, banyak orang yang kuliah di luar negeri lalu balik ke Indonesia dan membuka usahanya di sini. Malahan, ilmu yang mereka terima di luar negeri mereka aplikasikan dalam bisnis ini.

Maka dari itu, melalui waralaba ini masyarakat diberikan pelatihan, ilmu hingga mengikutsertakan mereka dalam pameran franchise di luar negeri supaya menjadi pemicu mereka dalam bekerja dan bersaing. Melalui waralaba ini juga masyarakat diajak untuk membuka pikiran terhadap persaingan waralaba asing yang mulai memasuki pangsa pasar Indonesia.

Terkait persaingan antara waralaba lokal dan asing, Indonesia tidak perlu khawatir. ‘Dengan adanya persaingan ini, kita menjadi tertantang untuk melakukan inovasi serta menyusun rencana ke depannya agar tidak tertinggal oleh waralaba asing. Kita pun jangan dikatakan jago kandang saja, tetapi harus membuktikan agar bisa maju. Anggap saja itu bukan ancaman tetapi motivasi untuk lebih berusaha lagi.

Franchise dan License Expo Indonesia Edisi ke-13 berlangsung dari 11-13 September 2015 di Assembly Hall, Jakarta Covention Center, pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Terbuka untuk umum dan biaya tiket masuk Rp 50.000 berlaku selama tiga hari.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/ekonomi/306323-anak-muda-unsur-terbesar-suksesnya-bisnis-waralaba.html
Comments
Loading...