Apotek Kimia Farma Tawarkan Peluang Usaha Waralaba

Apotek Kimia Farma Tawarkan Peluang Usaha Waralaba

Anak perusahaan PT Kimia Farma (Persero) Tbk yang bergerak di bidang layanan kesehatan yakni PT Kimia Farma Apotek (KFA). Terus berupaya untuk menambah jumlah outlet di seluruh Indonesia sebanyak-banyaknya.

KFA menawarkan sistem waralaba by KSO (Kerja Sama Operasional) kepada seluruh masyarakat, khususnya yang mempunyai aset properti. Sistem KSO sendiri sudah berjalan sejak awal 2000-an. Sistem kerjasama ini cukup menarik. Dimana calon mitra cukup menyediakan tempatnya saja tanpa harus mengeluarkan biaya. Kimia Farma sendiri yang akan merenovasi dan mengoperasikannya.

Nantinya mitra akan mendapatkan keuntungan melalui sistem bagi hasil sebesar sebesar 3 persen dari omzet, diluar pajak untuk apotek. Selain itu, mitra juga akan mendapatkan bagi hasil utilisasi aset berupa sewa space untuk ATM sebesar 25 persen.

Dengan adanya sistem KSO ini bisa lebih memudahkan bagi kedua belah pihak baik Kimia Farma maupun masyarakat dengan mengoptimalkan aset yang mereka punya. Adapun syaratnya adalah selain lokasinya strategis, bangunan juga harus memiliki izin usaha.

Dengan adanya sistem KSO ini sekaligus menutup sistem kerjasama franchise murni yang mengharuskan calon mitra membayar royalty dan juga persyaratan lainnya. Total secara keseluruhan apotek Kimia Farma sendiri sampai akhir 2017 lalu mencapai 1000-an cabang. Dimana untuk sistem KSO mencapai 30 sampai 40 persen atau sekitar 300 sampai 400-an cabang.

Source bisniswaralaba.id
Comments
Loading...