Aturan Pembatasan Waralaba Segera Terbit

Aturan Pembatasan Waralaba Segera Terbit

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan segera mengeluarkan payung hukum pembatasan waralaba. Aturan tersebut bukan sebagai bentuk atau upaya pengekangan. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Gunaryo menyatakan, aturan tersebut adalah amanat undang-undang.

Pembatasan ini bukan bentuk pengekangan. Berangkat dari amanat UU 20 Tahun 2008 mengenai UMKM di situ menekankan arti pentingnya keterlibatan pihak lain, usaha kecil dan menengah. Pelaku usaha besar wajib sifatnya untuk melakukan pemerataan dengan usaha kecil.

Waralaba tidak boleh secara semena-mena dimiliki sendiri. Bisnis waralaba juga diperkenankan berkembang asalkan juga untuk mendorong pihak lain berkembang. Dalam hal ini usaha kecil dan menengah. Gunaryo juga menekankan pentingnya pengaturan mengenai kejelasan kategori dan esensi waralaba.

Asosiasi Franchise Indonesia menyebutkan, sekitar 400 waralaba asing atau franchise dengan 15.000 gerai akan segera beroperasi di Indonesia. Ketua Asosiasi Franchise Indonesia Anang Sukandar Edy Setiadi tahun 2011, 16 perusahaan franchise asal AS, selain dari Malaysia dan Vietnam sudah masuk Indonesia.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/aturan-pembatasan-waralaba-segera-terbit.html
Comments
Loading...