Aturan Waralaba Hambat Ekspansi Alfamart

Aturan Waralaba Hambat Ekspansi Alfamart

Peraturan Menteri Perdagangan terbaru tentang minimal kepemilikan sendiri gerai waralaba yang berlaku surut membuat ciut pengusaha minimarket. Salah satunya, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang khawatir bahwa beleid itu dapat menghambat ekspansi bisnis pewaralaba.

Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 68/M-DAG/PER/10/2012 tentang Penyelenggaraan Waralaba itu menyatakan, pewaralaba hanya bisa memiliki sendiri jaringannya sebanyak 150 gerai. Karenanya, pewaralaba yang memiliki lebih dari itu wajib melepas 20% gerai yang masih dimiliki tiap tahunnya untuk diwaralabakan.

Ada dua poin penting yang mengganjal, yaitu batasan jumlah gerai serta kriteria tim penilai. Kekhawatirannya, pengusaha ritel akan melihat angka 150 sebagai kendala untuk berekspansi. Padahal, berdasarkan pengalamannya, pengusaha minimarket baru bisa untung setelah mengoperasikan sedikitnya 300 gerai.

Per kuartal tiga tahun ini sudah ada 6.585 gerai Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, gerai yang diwaralabakan sudah hampir 30%. Alfamart bukannya tidak mau memberi waralaba, tetapi, tidak semudah itu mencari mitra. Apalagi untuk daerah yang baru dijamah.

Source http://industri.kontan.co.id/ https://industri.kontan.co.id/news/alfamart-khawatir-aturan-waralaba-hambat-ekspansi
Comments
Loading...