Aturan Waralaba Tingkatkan Kualitas

Aturan Waralaba Tingkatkan Kualitas

Kamar dagang dan industri (Kadin) melihat, Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 53 tentang waralaba, akan meningkatkan pengembangan kualitas waralaba yang menjalankan aktivitas bisnis di Indonesia.

Walaupun secara jumlah akan ditekan, tapi yang utama adalah kualitas dari aktivitas bisnis dan persaingan usaha. Permendag No. 53 itu akan menumbuhkan kualitas waralaba menjadi lebih baik. Tapi secara kuantitas menurun.

Dalam pandangannya, Permendag tersebut akan mendorong waralaba menjalankan pola bisnis lisensi dan kemitraan. Sebab, salah satu poin utama aturan tersebut adalah mewajibkan pelaku usah untuk menjalankan proses audit.

Amir memperkirakan pelaku bisnis waralaba, termasuk franchise, akan tergerus hingga 50 persen pasca berlakunya aturan tersebut. Jadi cenderung hanya perusahaan-perusahaan besar akan berada dalam panggung waralaba ini.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/aturan-waralaba-untuk-tingkatkan-kualitas.html?utm_source=GoogleAMP&utm_medium=Related&utm_campaign=Mdk-AMP-Related&utm_content=Artikel-2
Comments
Loading...