Belasan Ritel Modern Mulai Urus Perpanjangan Izin

Belasan Ritel Modern Mulai Urus Perpanjangan Izin

Dinas Perdagangan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat mencatat belasan ritel modern yang terancam ditutup karena terindikasi tidak memperpanjang izin usaha kini sudah mulai mengurusnya. Setelah diberikan teguran terhadap 14 ritel modern sesuai standar operasional prosedur (SOP), sebagian sudah ada yang mengajukan perpanjangan izin.

Dalam proses pengajuan perpanjangan izin terhadap ritel modern yang terindikasi beroperasional dengan izin yang sudah tidak berlaku, tidak dilakukan sembarangan. Akan tetapi, sebelum izin diberikan, tim Dinas Perdagangan terlebih dahulu melakukan kajian dan meninjau kembali kelayakan izin operasional ritel modern bersangkutan sebagai salah satu bentuk sanksi kepada mereka.

Lebih jauh Alwan mengatakan, upaya penutupan operasional belasan ritel modern itu untuk mengingatkan investor agar taat aturan. Jangan sampai para pengusaha hanya menuntut haknya kepada pemerintah, namun tidak melakukan kewajibannya.

Di sisi lain, terkait dengan pemberian izin ritel modern setelah dicabutnya moratorium sejak Februari 2018. Hingga saat ini sudah ada 12 izin operasional ritel modern yang dikeluarkan. Sebanyak 12 izin tersebut terdiri atas enam ritel modern Alfamart, empat Indomaret, dan dua Minimart. Moratorium ritel modern dilakukan untuk melihat sejauh mana kebutuhan masyarakat terhadap keberadaannya, sehingga bisa seimbang dengan jumlah penduduk di kota ini.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/belasan-ritel-modern-yang-terancam-ditutup-mulai-urus-perpanjangan-izin.html
Comments
Loading...