Bentuk Usaha Waralaba Modern

Bentuk Usaha Waralaba Modern

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, Indonesia punya potensi besar dalam perkembangan industri waralaba dunia. Apalagi, konsep franchise sangat cocok diterapkan di Indonesia di mana masyarakatnya sejak lama menggemari dunia usaha.

Bisnis waralaba adalah bentuk wiraswasta amat modern. Boleh dibilang bentuk usaha di abad ke-21. Konsep waralaba juga baik untuk efisiensi ekonomi. Standarisasi yang lazim diterapkan dalam konsep franchise menghemat banyak ongkos.

Perkembangan industri waralaba nasional sangat cepat dengan total 698 usaha dan 24.400 gerai. Omset waralaba di Indonesia mencapai angka Rp 172 triliun setiap tahun. Tak sedikit generasi muda yang aktif dan meraup omset besar dalam bisnis waralaba.

Bisnis waralaba atau franchise dinilai lebih cocok bagi para generasi muda. Skema waralaba dengan standarisasi dan efisiensi dari segi ekonomi dinilai lebih pas ketimbang merintis bisnis sendiri dari nol yang butuh energi ekstra.

Untuk memastikan efisiensi ekonomi yang menghemat banyak ongkos seperti disinggung Jokowi, pastikan franchise pilihan Anda adalah waralaba populer atau jadi primadona. Bukan cuma menjanjikan omset besar, namun juga terpercaya. Ini dengan gampang bisa dilihat dari Top of Mind (TOM). Merek-merek franchiseperaih TOM tertinggi dipastikan memiliki strategi terbaik. TOM jadi bukti jika franchise tersebut sukses menjadi market leader.

Franchise Makanan dan Minuman

Franchise makanan dan minuman nyaris tak ada matinya. Wajar, karena setiap orang butuh makan dan minum tiap hari. Itulah sebabnya bisnis ini digadang-gadang cepat mendatangkan laba. Contohnya, franchise es krim BC’s Cone yang dikembangkan empat remaja.

Sejak berdiri 7 Maret 2015, bisnis ini telah menghasilkan ratusan juta dalam kurun waktu kurang dari setahun. Selain tampilan produk yang unik, Andrea Prasetya cs juga tepat memilih lokasi usahanya. Soal lokasi, Ayam Bakar Wong Solo yang kerap meraih TOM tertinggi untuk kategori Resto Tradisional Ayam Bakar dan Ayam Goreng juga piawai menempatkan diri.

Sejak berdiri pada 1991, Wong Solo Group telah memiliki 188 outlet lebih. Tak hanya merambah berbagai kota di penjuru Indonesia, bisnis ayam ini juga melebarkan sayap hingga ke negeri Jiran, Malaysia. Konsistensi dalam menjaga reputasi bisnis disebut Puspo Wardoyo sebagai kunci sukses.

Caranya, dengan meminta franchise (pemegang lisensi franchise) berkomitmen kuat menjaga standar mutu. Selain itu, bertekad berjuang membesarkan merek yang ditasbihkan sebagai Superbrand dan Franchise Market Leader ini.

Franchise Bimbel

Franchise bimbingan belajar (bimbel) juga disebut memberi peluang balik modal cepat. Mengingat semakin tingginya kompetensi di dunia pendidikan membuat orang tua tergerak memberikan yang terbaik sebagai bekal putra putrinya.

Kumon, misalnya. Bimbel matematika asal negeri Sakura ini telah berekspansi di berbagai kota di Indonesia. Bagi Anda yang ingin menjajal usaha di bidang pendidikan, modal awal yang diperlukan untuk franchise Kumon sekitar Rp 250-300 juta. Setiap bulan, Anda bisa meraih omset sekitar Rp 80 juta. Sesuai perhitungan, Anda sudah balik modal dalam satu tahun.

Dari negeri sendiri, Primagama tercatat sebagai peraih TOM tertinggi. Bimbel yang didirikan Purdy E Chandra pada 10 Maret 1982 dengan modal Rp 300 ribu itu kini memiliki 200 outlet di lebih 106 kota dengan omset mencapai angka Rp 70 miliar per tahun.

Franchise Laundry

Selain kedua bisnis di atas, masih banyak jenis franchise lain yang bisa dijajal, seperti car wash, kafe, restoran, atau laundry. Yang pasti, harus teliti menyimak prinsip kerja sama yang dijalankan. Bisnis laundry makin menjanjikan seiring gaya hidup serba cepat generasi milenial saat ini.

Simply Fresh Laundry yang jadi pionir bisnis laundry kiloan telah memiliki 287 outlet di 101 kota. Yang menarik, seperti diungkapkan Agung Nugroho Susanto, owner mereka tak lelah membangun strategi pemasaran melalui online. Rela menggelontorkan puluhan juta tiap bulan untuk bonus promosi online. Bukan itu saja, Simply Fresh Laundry juga rutin menggelontorkan hadiah bagi customer.

Source https://www.liputan6.com/ https://www.liputan6.com/bisnis/read/3591606/bisnis-franchise-yang-menggiurkan-generasi-milenial-apa-saja
Comments
Loading...