BEP Franchisor Di Peroleh Dari Menjual Hak Waralaba

BEP Franchisor Di Peroleh Dari Menjual Hak Waralaba

Pada tahap ini, pelaku usaha harus mengamati beberapa hal. Pertama, bisnis yang dijalankan layak tumbuh. Di sini, franchise harus jeli melihat model atau induk bisnisnya. Jangan hanya percaya pada pernyataan franchisor bahwa bisnis tersebut sangat menjanjikan.

Tidak jarang  para pelaku usaha yang langsung memfranchisekan usahanya sebelum meraih BEP. Kalau sudah begini, bagaimana mungkin franchisee bisa menjalankan secara menguntungkan kalau franchisornya  saja tidak mampu membuktikannya.

Jika BEP franchisor di peroleh dari menjual hak waralaba, bukan dari kinerja produksinya, hal itu bukan bukti bahwa bisnis tersebut menjanjikan. Karena itu, sebuah bisnis harus berjalan sekitar 4-5 tahun sebelum difranchisekan. Cara ini untuk membuktikan bahwa bisnis tersebut sudah BEP dan sustain sebagai ukuran untuk mengestimasi kemungkinan waktu BEP yang bisa diraih oleh para investor  (franchisee).

Mengapa hal ini penting? Karena bisnis yang di rancang tidak selalu harus berhasil.  Menurut TDW, kemungkinan sebuah bisnis tidak berhasil di tahun pertama sangat besar. Dari 100 bisnis yang muncul, 80% mengalami kegagalan di tahun pertama.

Sisanya yang 20%, itu pun tidak 100% akan berhasil. Dari yang 20% itu,  80%-nya akan mati juga di tahun keempat. Sehingga di tahun ke lima, yang bisa sustain hanya 4%. Di sini lah pentingnya para franchisee harus melihat masa bertahannya sebuah bisnis.

Cara ini untuk melihat bagaimana mereka (franchisor) menjual produknya dan untuk mengukur tingkat laku dan tidaknya produk yang dimiliki franchisor.  Dalam hal ini, franchisee harus bener-bener waspada, jangan sampai hanya melihat kinerja penjual an produk di atas kertas saja.

Ketiga, lihat juga sistem marketingnya. Menurut TDW, franchisee yang bagus dan teruji adalah yang grafik ketika memulainya tinggi dan ramai lalu setelah itu setabil. Stabil karena bisnis tersebut  sedah punya  sistem untuk menggedor pasar ketika opening outlet nya.

Source https://peluangbisnisbandung.com/ https://peluangbisnisbandung.com/2016/10/mempercepat-bep-dalam-bisnis-franchise/
Comments
Loading...