Biaya Waralaba Tidak Murah

Biaya Waralaba Tidak Murah

Ongkos jasa franchise management tidak murah. Meski demikian, tidak mudah menyebutkan secara pasti nilai kontrak mereka. Para konsultan itu beralasan, karakteristik jasa yang diberikan berbeda untuk setiap klien. Artinya, tidak ada patokan baku tarif jasa ini.

Helen memberi gambaran umum, The Bridge mematok tarif jasa sekitar US$ 25.000– US$ 35.000 untuk pembuatan sistem dan penerapan waralaba selama setahun. Sementara, Francorp Indonesia enggan mengungkap rentang tarif jasa mereka. Widia hanya menyebut biaya tetap (fixed cost) sebesar Rp 500 juta untuk jasa pembuatan sistem waralaba dan penerapannya selama setahun. Di luar biaya tetap ini, bisa saja ada tambahan biaya lain sesuai dengan kebutuhan klien.

Adapun biaya konsultasi FT Consulting ditetapkan dengan periode bulanan. “You pay what we work for you,” tutur Utomo. Fee proyek biasanya sekitar Rp 150 juta, dengan tarif per bulan Rp 10 juta. Khusus untuk UKM, Utomo menggunakan kombinasi flat fee di muka plus success fee. “Flat fee sekitar Rp 30 juta, sementara success fee per bulan akan dinegosiasikan nanti,” ungkapnya.

Adapun SynergyBiz lebih cenderung menerapkan sistem bagi hasil dengan mitra pemilik usaha. Ada baiknya, para pengusaha berpikir masak-masak sebelum memakai jasa institusi franchise management. Menggandeng mereka tidak menjamin usaha seorang franchisor akan lebih maju ketimbang dikelola sendiri. Pemerhati dan konsultan waralaba dari Proverb Consulting Erwin Halim juga melihat, kebutuhan tiap jenis usaha berbeda. Ada yang bisa berkembang sendiri, ada yang butuh jasa franchise management.

Anang juga menyarankan, mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan jasa franchise management cermat dalam memilih mitra. Sukses bisnis waralaba juga sangat tergantung pada jaminan kualitas produk maupun jasa yang diberikan oleh para pemilik usaha.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ http://peluangusaha.kontan.co.id/news/jasa-pengelolaan-waralaba-yang-makin-moncer-1
Comments
Loading...