Bisnis Cilok Kini Tak Lagi Mencolok

Bisnis Cilok Kini Tak Lagi Mencolok

Jajanan cilok yang sudah lama ada, bahkan hingga kini masih disukai sejumlah kalangan.  Makanan yang terbuat dari tepung aci ini, sering dijadikan santapan di kala siang atau sore hari. Usaha cilok sempat mengalamai naik daun.

Pemain baru dengan ragam inovasi menjamur di berbagai kota. Bahkan, penjual dapat dengan mudah ditemukan di pinggir jalan dan pusat belanja. Dianggap usaha yang tidak mati dimakan zaman, para pemilik usaha mulai mengembangkan sayap bisnisnya melalui sistem kemitraan. Pasar pun memberikan respon yang  positif.

Namun, perjalanan bisnis makanan ini tidak selamanya mudah. Pasalnya, tidak sedikit para mitra bahkan pemilik merek menutup usahanya dengan berbagai macam alasan. Seperti, sulitnya pencari tenaga kerja dan menurunnya penjualan.

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai potensi bisnis cilok masih bisa berjalan jika dikelola dengan baik dan tidak asal buka atau sekadar ikut-ikutan. Banyaknya gerai mitra yang tutup, ia nilai karena para mitra salah dalam mengelola gerai tersebut atau bisa juga kurang memahami karakter usaha dari camilan tersebut.

Seharusnya mitra bisa menarik minat dan perhatian konsumen terhadap makanan yaasal Bandung tersebut. Yakni dengan membuat menu dan varian rasa yang kekinian dan lebih modern. Untuk menarik perhatian konsumen, makanan dari aci ini harus dibuat lebih modern dengan variasi baru. Jangan terjebak dalam zona nyaman.

Menurutnya, harga jual produk itu relatif. Ada produk  mahal bisa dipersepsikan murah dan produk murah bisa seolah-olah menjadi produk mahal. Jadi harga bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi bangkrutnya sebuah bisnis.

Untuk itu perlu adanya edukasi pasar. Bagaimana caranya supaya konsumen mau tertarik membeli cilok. Misalnya dengan gencar promosi dan menggaet pangsa pasar baru seperti kaum milineal. Bila menyasar kaum muda, tentu harus punya tawaran dan inovasi baru.

Untuk itu perlu membuat menu kekinian dan topping yang disukai anak muda saat ini. Jangan lupa memberi nama menu yang unik untuk mengundang perhatian. Langkah lainnya adalah berikan gaji ke pegawai yang sesuai supaya si pegawai tidak mudah kabur.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/bisnis-cilok-kini-tak-lagi-mencolok
Comments
Loading...