Bisnis Waralaba Didominasi Asing

Bisnis Waralaba Didominasi Asing

Pertumbuhan bisnis waralaba di Indonesia berkisar 12%-16% per tahun. Namun, bisnis waralaba sebagian besar masih dikuasai pihak asing. Berdasarkan data Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) saat ini jumlah waralaba yang tercatat di Indonesia sebanyak 698 waralaba.

Namun jumlah itu tidak signifikan jika dibandingkan dengan jumlah penerbitan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) yang dikeluarkan Kemendag  yang baru menerbitkan sebanyak 45 waralaba lokal dan sisanya sebanyak 299 waralaba asing.

Kemendag lanjut Srie juga telah melaksanakan  beberapa program untuk  mendorong pertumbuhan waralaba di Indonesia. Diantaranya fasilitasi usaha kecil menengah (UKM) termasuk UKM yang potensial untuk diwaralabakan  dan pendampingan waralaba nasional. Sampai tahun 2016 kemendag telah memfasilitasi UKM waralaba atau yang berpotensi diwaralabakan sebanyak 496 ukm. Sementara pendampingan sampai dengan tahun 2016 sekitar 600 pelaku usaha.

Source https://www.wartaekonomi.co.id/ https://www.wartaekonomi.co.id/read112049/kemendag--bisnis-waralaba-didominasi-asing.html
Comments
Loading...