Bisnis Waralaba Masih Didominasi Asing

Bisnis Waralaba Masih Didominasi Asing

Indonesia masih jadi penonton di rumah sendiri. Hal itu terkait dengan bisnis waralaba yang berkembang di dalam negeri yang masih di dominasi asing. Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan mengungkapkan baru 52 waralaba lokal yang terdaftar dan memiliki Surat Tanda PendaftaranWaralaba (STPW).

Padahal, 308 waralaba asing yang sudah mengantongi STPW. Dari 360 yang terdaftar, 308 asing. Masih 52 (lokal) belum jadi tuan rumah, harapannya bisa jadi tuan rumah. Cara mendorong berkembangnya bisnis waralaba lokal melalui dengan PendampinganWaralaba Nasional (PWN).

Program ini, sudah dilakukan sejak 2012 kepada sekira 300 pelaku usaha. Program tersebut merupakan pendampingan kepada UKM potensial waralaba di daerah untuk menjadi usaha waralaba. Sehingga waralaba bisa berkembang hingga dipasarkan ke luar negeri.

Program PWN  mencakup pelatihan dalam menyusun perjanjian waralaba, menyusun laporan keuangan hingga membuat sistem manajemen yang terarah. Dengan PWN diharapkan dapat meningkatkan jumlah sistem usaha waralaba yang terdaftar dalam bentuk STPW.

Source http://www.netralnews.com/ http://www.netralnews.com/news/ekonomi/read/22474/bisnis-waralaba-masih-didominasi-asing
Comments
Loading...