Bisnis Waralaba Melanggar Prinsip Persaingan Usaha

Bisnis Waralaba Melanggar Prinsip Persaingan Usaha

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menegaskan pemerintah akan terus mendorong agar bisnis waralaba sesuai dengan aturan. Saat ini, banyak tempat usaha telah melenceng dan melanggar prinsip persaingan usaha.

Prinsip waralaba itu sebuah sistem yang membuat sebuah model bisnis bisa diimplementasikan oleh investor yang banyak. Sistem ini seharusnya mendorong wirausahawan baru, jadi salah kan ketika ada pemilik waralaba dikuasai satu orang lalu menguasai Indonesia, itu menjadi tidak adil.

Dia menilai dari hasil pantauan pihaknya saat ini sistem waralaba masih berjalan tidak adil. Ada waralaba restoran perlu diselidiki karena menguasai banyak cabang atas nama satu orang. Bahkan, tidak menerapkan izin yang sesuai. Kalau izinnya restoran ya restoran dong, nanti orang minta (izin) rumah sakit, jadinya conventianary.

Bayu menegaskan pemerintah tidak akan menghalangi kebebasan usaha. Peraturan anyar untuk menghindari persaingan tidak sehat. Malah menyerdehanakan, hanya satu pintu ke sistem dari Kemendag, lewat Internet juga bisa.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/bisnis-waralaba-langgar-prinsip-persaingan-usaha.html
Comments
Loading...