Bisnis Waralaba Sedang Naik Daun

Bisnis Waralaba Sedang Naik Daun

Minat masyarakat berbisnis waralaba tahun ini meningkat cukup pesat, jika dibandingkan dengan tahun lalu. Waralaba makanan yang paling diminati, selain itu waralaba toko kelontong seperti Yomart, Alfamart dan Indomaret juga banyak diminati masyarakat.

Meski jumlah pengunjung pameran tersebut menurun dibanding tahun lalu, namun transaksi yang tercatat meningkat pesat. Jumlah pengunjung IFRAB 2009 mencapai 12 ribu orang, tahun lalu mencapai 13.500 orang. Tapi, transaksi tahun lalu tak samapi Rp. 70 miliar, sedangkan tahun ini skeitar Rp. 341 miliar.

Pengunjung yang datang pada IFRA kali ini memang berniat mencari peluang bisnis, sehingga meski jumlahnya turun namun transaksi meningkat pesat. Selain waralaba besar yang sudah dikenal masyarakat, waralaba milik Usaha Kecil Menengah (UKM) juga diminati masyarakat.

Dari 30 UKM yang difasilitasi pihaknya dalam pameran tersebut, total transaksi yang tercatat senilai Rp887 juta dengan 39 calon penerima waralaba potensial. Pameran waralaba tersebut diikuti oleh 175 perusahaan dalam dan luar negeri dari Singapura, Malaysia, dan Australia. Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar memperkirakan, pertumbuhan bisnis waralaba di Indonesia yang omzetnya mencapai Rp4,1 triliun bisa tumbuh 10-12% tahun ini.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/bisnis-waralaba-sedang-naik-daun.html
Comments
Loading...