Black Kebab Pelopor Pasar Kebab

Black Kebab Pelopor Pasar Kebab

Black Kebab adalah pelopor kebab hitam di Indonesia. Waralaba yang didirikan FX. Ricky Ferdinan Sutrisno ini berhasil menguasai ceruk pasar kebab. Bulan lalu dinobatkan sebagai Franchise Startup Award 2017. Salah satu faktor kunci keberhasilan berbisnis kuliner adalah kreativitas dan konsisten.

Tanpa faktor tersebut, akan sulit menjadi merek kuliner yang diminati masyarakat. Apalagi menggeluti pasar yang sudah disesaki pemain, jika tidak memiliki kreativitas dengan menawarkan sesuatu yang baru, akan sulit diterima pasar.

Black Kebab merupakan salah satu pemain yang cerdik melihat peluang dan melakukan kreativitas dengan menawarkan sesuatu yang baru yaitu kebak hitam. Pasar kebab di Indonesia sudah sangat sesak. Hampir di sudut daerah ada pemain kebab, entah mereka yang sudah punya merek, maupun yang baru.

Black Kebab menawarkan produk kebab yang berbeda dengan pemain yang sudah ada. Produk kebab hitam yang ditawarkannya rupanya memiliki cita rasa yang berbeda. Black Kebab mampu mengisi atau lebih tepatnya mencuri ceruk pasar kebab dari pesaing.

Black Kebab tumbuh dengan pesat. Saat ini, bisnis yang dilahirkan dari kota Yogyakarta tersebar disejumlah kota di Indonesia dengan jumlah hampir 100 gerai. Sebagian besar outletnya tersebut berada di pulau Jawa. Black Kebab pertama kali ditawarkan dengan sistem kemitraan pada Mei 2015.

Dengan sistem kemitraan, Ricky berharap pelanggan dapat menikmati kebab hitam racikannya lebih dekat. Serta dapat memberikan peluang kerja baru bagi masyarakat di kota-kota lain. Ia menargetkan pembukaan 500 gerainya untuk lebih mendekatkan diri kepada pelanggan dan terus membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat luas.

Ricky sendiri sebenarnya seorang arsitektur. Awal mula dirinya tertarik mendirikan Black Kebab karena melihat pameran kuliner yang begitu marak di Indonesia. Ricky suka kuliner makanan unik dan ia sering berkunjung ke pameran-pameran kuliner. Disanalah awal saya mulia berfikir mengapa tidak mendirikan bisnis kuliner sendiri yang unik. Maka Ricky membuat kebab hitam.

Ricky sebelumnya tidak punya pengalaman di kuliner. Tetapi saya belajar dari tokoh kuliner dan entrepreneur di seluruh dunia dengan membaca biografi mereka. Di situ ia mendapatkan banyak ilmu dan inspirasi bagaimana memulai dan membangun bisnis kuliner.

Seperti pebisnis pada umumnya, tantangan di awal bisnis adalah mengenalkan produk kebabnya. Terlebih di kota asalnya Yogyakarta yang sebagian besar masyarakatnya belum mengenal kebab. Tantangan terbesarnya, Ia mulai melakukan promosi diskon pembelian kebab, iklan di media sosial, memberikan kebab gratis, mengadakan lomba makan kebab dan foto selfie, dan sebagainya.

Selain itu, ia juga tekun, pantang menyerah, dan mental yang kuat dan siap dalam segala kondisi, serta punya passion sehingga memiliki kekuatan kreatifitas dan inovasi. Karena tanpa passion maka apapun akan sulit dikerjakan dan diselesaikan. Ia juga terus melakukan banyak hal termasuk promosi secara nasional. Aktif di media sosial dan media cetak, dan mengeluarkan menu yang bervariasi dan inovatif.

Source http://majalahfranchise.com/ http://majalahfranchise.com/article/547/black-kebab-sang-pelopor-yang-berhasil-mecuri-ceruk-pasar-kebab
Comments
Loading...