Budi Sampoerna dan Century

Budi Sampoerna dan Century

Boedi Sampoerna adalah generasi ketiga pendiri PT Handjaja Mandala Sampoerna, Liem Seeng Tee. Dia juga tercatat pernah menjabat sebagai komisaris di perusahaan yang kini sahamnya dikuasai Philip Morris itu. Namun, setelah diambil alih Philip Morris, keluarga Sampoerna, termasuk Budi, hengkang dan tak lagi menjabat di perusahaan rokok tersebut.

Sosok Budi memang tergolong sukses sekaligus fenomenal. Dikatakan fenomenal karena ia pernah dikait-kaitkan dengan skandal Bank Century Tbk yang menyeret sejumlah nama besar di negeri ini. Dalam fakta persidangan di Pengadilan Negeri [PN] Surabaya pada Oktober 2009.

Budi dinyatakan menyimpan dana sebesar Rp 2 triliun di Bank Century melalui perusahaannya PT Lancar Sampoerna Bestari dalam bentuk deposito. Dana sebesar itu menjadikan Budi sebagai nasabah terbesar Bank Century cabang Jawa Timur.

Selain rokok, keluarga Sampoerna juga merambah bisnis properti dengan mengelola sekitar 598 hektar tanah di Malang. Keluarga Sampoerna juga menjadi pemilik waralaba Alfamart yang membeli 70 persen Sumber Alfaria Trijaya yang merupakan pemilik waralaba Alfamart pada 1990.

Bisnis lainnya adalah PT Sampoerna Percetakan Nusantara yang beralih nama menjadi PT Sampoerna Printpack didirikan pada 1989 di Sukorejo. Sementara untuk kegiatan sosialnya, keluarga Sampoerna mendirikan Sampoerna Foundation yang mayoritas kegiatannya adalah memberikan beasiswa.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/ekonomi/11031-budi-sampoerna-dan-century.html
Comments
Loading...