Buka Waralaba Bikin Pengusaha Cepat Naik Kelas

Buka Waralaba Bikin Pengusaha Cepat Naik Kelas

Presiden Joko Widodo mendorong pengusaha lokal tidak ragu mengambil usaha waralaba. Membangun waralaba menguntungkan pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang baru mulai berbisnis karena waralaba cocok dengan kultur Indonesia selama ini.

Masyarakat Indonesia sejak lama sudah terbiasa dengan usaha sendiri, buka warung, buka toko, buka restoran. Sebanyak 70-80 persen dari total lapangan kerja di Indonesia adalah UMKM. Dengan membangun usaha waralaba, seorang pengusaha lokal bisa naik kelas dengan cepat.

Apa yang dimaksud dengan naik kelas dengan cepat adalah usaha menjadi mapan dalam waktu relatif singkat. Jokowi menambahkan, pengusaha lokal bisa naik kelas dengan cepat lewat usaha waralaba karena usaha waralaba umumnya sudah memiliki standar kualitas dan operasi yang optimal.

Misalnya, untuk waralaba makanan, mulai kompor, kulkas, hingga cara memasak pun sudah diberi standar. Dengan begitu, usaha bisa mulai dengan cepat. Usaha waralaba adalah bentuk modernitas. Semakin banyak usaha waralaba di suatu kota, umumnya kota itu akan dianggap modern. Karena itu, ia menyarankan pengusaha lokal mencoba mendorong pertumbuhan ekonomi lewat usaha waralaba.

Source https://bisnis.tempo.co/ https://bisnis.tempo.co/read/823152/jokowi-sebut-buka-waralaba-bikin-pengusaha-cepat-naik-kelas/full&view=ok
Comments
Loading...