BUMN Dirikan Minimarket BulogMart

BUMN Dirikan Minimarket BulogMart

Tidak hanya perusahaan yang memiliki basis ritel saja yang terpikat dengan peluang bisnis minimarket. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga mengintip kesempatan serupa. Seperti yang dilakukan Perusahaan Umum Badan Usaha Logistik (Bulog) yang membuka minimarket bernama BulogMart.

Saat ini, Perum Bulog sudah mendirikan lima gerai dari target 100 gerai yang ditargetkan bisa terealisasi sampai akhir tahun nanti. Lima minimarket milik Bulog itu ada di Bandung, Semarang, Malang, Makassar dan Bandar Lampung.

Minimarket BulogMart yang resmi di launching 9 Mei 20123 itu fokus memasarkan kebutuhan sembako untuk rumah tangga seperti beras, gula dan sebagainya. Dengan masuk ke hilir, nanti akan terbentuk sinergi bisnis Bulog yang kuat.

Selain menjual produk pertanian unggulan seperti; beras, jagung, gula dan kedelai, BulogMart juga menjual minyak goreng serta produk kebutuhan rumah tangga lainnya seperti minimarket pada umumnya. Lokasi Bulog Mart di daerah dan strategis.

Untuk menjual komoditas gula, Bulog bekerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara sebagai perusahaan penghasil gula. Sedangkan untuk pemasaran minyak goreng, Bulog bekerja sama dengan BUMN lain yang juga memproduksi minyak goreng.

Saat ini, Bulog masih memanfaatkan lokasi gudang sebagai lokasi gerai. Gudang yang semula di desain menjadi tempat penyimpanan, kini disulap menjadi minimarket BulogMart. Perum Bulog saat ini memiliki 1.750 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu Bulog memiliki 26 Divisi Regional (Divre) dan 132 Sub Divre yang bisa dijadikan lokasi berdirinya minimarket.

Setali tiga uang dengan Bulog, PT Pos Indonesia juga sedang menyusun rencana membuka bisnis minimarket. Rencananya, PT Pos Indonesia akan membangun 2.200 PosMart di seluruh Kantor Cabang Pos di seluruh Indonesia.

Mirip dengan BulogMart, minimarket PostMart didesain menjual eceran aneka kebutuhan rumah tangga, mulai dari beras, gula, minyak goreng sampai peralatan elektronik. Ada juga barang bersubsidi seperti pupuk dan beras subsidi. BulogMart menjualnya untuk mendekatkan para konsumen kepada Pos Indonesia.

Untuk mempermudah layanan, Ketut bilang, PostMart akan menyediakan transaksi online untuk calon konsumennya. Masyarakat tinggal klik barang produk lewat situs, masukkan nama dan alamat kemudian dalam jangka waktu 1 hingga 2 hari barang pesanan sampai ke tujuan.

Source http://fokus.kontan.co.id/ http://fokus.kontan.co.id/news/pelaku-usaha-ramai-ramai-buka-minimarket
Comments
Loading...