Cara Agar Franchisor Dapat Menghasilkan Pemasukan Dari Franchisee

Cara Agar Franchisor Dapat Menghasilkan Pemasukan Dari Franchisee

Franchisor atau seller yaitu pemilik usaha. Sedangkan orang yang membelinya disebut franchisee. Pelaku usaha inilah yang disebut sebagai franchisee. Pada umumnya isi dari perjanjian antara franchisor dengan franchisee merupakan pihak franchisor akan memberikan dukungan dalam hal produksi, operasional, pemasaran, dan manajemen kepada franchisee.

Lingkup dukungan yang diberikanpun beragam tergantung dari kebijakan si franchisor sendiri. Misalnya ada beberapa franchisor yang memberikan support kepada franchise untuk survey lokasi, mendesain toko, rekrutmen, dan sebagainya.

Franchisee juga akan terikat dengan peraturan yang terkait dengan mutu produk yang dijualnya, serta kewajiban keuangan kepada franchisor seperti pembayaran royalty. Hal yang harus diingat bagi pelaku usaha ini adalah kesuksesan franchising tergantung pada kerja keras franchisee dan added value yang diberikan oleh franchisor.

Franchisor dapat menghasilkan pemasukan dari franchisee melalui

  • Menjual franchise kepada franchisee
  • Menjual perlengkapan kepada franchisee
  • Mengumpulkan prosentase penjualan
  • Mengadakan pelatihan khusus/ penyediaan bahan baku
Source https://zahiraccounting.com/id/ https://zahiraccounting.com/id/blog/perkembangan-franchising-di-indonesia-saat-ini/
Comments
Loading...