Cara Membuat Franchise Dibidang Kuliner Yang Sedang Hits

Cara Membuat Franchise Dibidang Kuliner Yang Sedang Hits

Ada banyak sekali contoh kuliner yang sedang kekinian,  seperti seblak bandung, ceker mercon, gehu pedas, sosis gulung, risol cokelat, fried chicken master dan masih banyak lagi jenis jajanan hits lainnya. Semakin hits dan trend tentu akan semakin membuat franchise yang dikelola menjadi lebih banyak diminati. Membuat usaha franchise sendiri tenru membutuhkan persiapan yang matang.

5 cara membuat franchise sendiri dibidang kuliner yang sedang hits

Menentukan Konsep dan Model Bisnis Kuliner yang Akan di Franchisekan

Hal pertama yang harus anda siapkan tentu adalah konsep dan model usaha franchise yang akan anda buat seperti  cara bergabung dengan indomaret. Membuat konsep usaha yang seragam tentu harus benar benar kita konsep sedemikian rupa.

Sehingga setiap mitra kita akan memiliki kesamaan baik dalam bentuk booth, desain booth, bahan dasar, peralatan dan serta standar penyajian yang sama. Menyamakan konsep dan model tentu bukan perkara mudah. Ada berbagai pertimbangan pertimbangan yang harus anda lakukan.

Jangan sampai keseragaman ini akan menyulitkan bagi para mitra untuk bisa menyesuaikan dengan standar yang dipakai. Anda hanya perlu membuat semua bahan, alat, cita rasa dan penyajian yang sama. Keseragaman ini tentu akan semakin membuat usaha anda lebih dilirik para mitra.

Melakukan Kajian Kelayakan Usaha

Sebuah usaha dikatakan layak sebagai usaha franchise tentu harus melewati tahapan yang mampu memenuhi standar dan kualitas sebagai usaha waralaba. Usaha franchise bukanlah usaha yang semata mata hanya bertujuan meraup keuntungan saja seperti ciri-ciri usaha waralaba. Namun, ada pertimbangn lain yakni perhitungan lamanya modal dapat kembali dari saat usaha mulai beroprasi.

Semakin pendek waktu pengembalian modal tentu semakin layak sebuah usaha disebut sebagai usaha franchise. Selain itu juga dalan usaha franchise terutama bidang kuliner tidak bisa hanya hangat hangat tahi ayam dan lalu kemudian menghilang. Tentu hal ini akan merugikan para mitra dan pada akhirnya akan berimbas pada usaha franchise kita sendiri.

Franchise harus mampu bertahan dalam waktu yang lama, oleh karenanya tenu diperlukan inovasi dan ide yang kreative yang tidak akan termakan oleh usia dan zaman. Poin penting dalam usaha franchise kuliner tentu adalah cita rasa yang lezat dan harus dipertahankan sampai kapanpun. Tentunya dalam hal ini diperlukan kerjasama solid yang harus dibangun oleh franchisor dan para mitra. Sehingga keduanya dapat berjalan beriringan dalam mencapai kesuksesan bersama.

Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP)

Salah satu hal utama dalam usaha franchise adalah adanya SOP yang sudah jelas. Sehingga para mitra akan lebih dimudahkan. Inilah mengapa usaha franchise bidang kuliner banyak diminati dan dilirik sebagai usaha yang potensial.

SOP yang sudah jelas dengan standar kualitas bahan,  dan kehigenisan membuat banyak konsumen akan lebih memilih jajan di outlet anda ketimbang jajan di pinggir jalan yang belum jelas kebersihannya. Tentunya standar itulah yang digunakan sebagai patokan dan dasar serta benar benar dipakai dalam operasional usaha. Standar yang dipakai tentu juga sudah memenuhi standr baik dari BPOM dan MUI.

Hal ini yang akan semakin meyakinkam konsumen untuk melirik kuliner yang ada di outlet kita. Selain itu juga penyusunan perjanjian kerjasama harus disusun dengan pertimbangan yang menguntungkan kedua belah pihak. Baik anda selaku franchisor dan selaku mitra harus memilii hak dan tanggung jawab yang seimbang demi kelancaran usaha yang dijalankan.

Persiapan Pemasaran dan Louching

Setelah poin 1-3 terselesaikan maka sampailah pada tahapan pemasaran dan lounching produk. Sama seperti pemasaran produk produk pada umumnya. Tentu anda membutuhkan sarana promosi seperti juga frenchise alfamart.

Anda bisa melakukannya secara gratis melalui media sosial atau dengan sedikit merogoh kocek untuk menyetak brosur dan memasang iklan dimedia elektronik dan cetak. Tentu anda juga harus mempertimbangkan dan memberikan promo semenarik mungkin bagi para mitra. Dalam usaha kuliner tentu rasa yang lezat dan sudah teruji haruslah menjadi nilai utama dalam promosi anda.

Monitoring dalam Rangka Penyempurnaan Usaha

Pada tahap ini tentunya meeupakan bagian dari evaluasi sebuah usaha franchise. Karena terkadang usaha tidak bisa berjalan sesuai dengan SOP yang anda sehingga tentu harus ada alternatif yang bisa dicari. Selain itu juga, munculnya kendala mengharuskan kita untuk bisa mencari solusi yang mampu menyempurnakan usaha yang kita tekuni.

Sebagi franchisoe yang baik tentu tugas kita adalah melakukan monitoring terhadap para mitra. Sehingga hasil yang mereka dapatkan bisa melampaui harapan yang diinginkan. Lakukan komunikasi aktif dan selalu pandu para mitra untuk bisa menyelesaikan kendala usaha yang bisa saja mereka hadapi. Dengan melakukan hal ini tentu sebagai franchisor anda akan memiliki nilai plus dimata para mitra.

Source https://dosenekonomi.com/ https://dosenekonomi.com/bisnis/franchise/cara-membuat-franchise-sendiri
Comments
Loading...