Cara Memilih Franchise Agar Tidak Gagal

Cara Memilih Franchise Agar Tidak Gagal

Bagi yang ingin memulai bisnis namun resiko kegagalan minim, membeli franchise bisnis yang sudah mapan bisa jadi merupakan pilihan yang terbaik. Namun, sebaiknya perlu hati-hati dalam memilih merek franchise yang akan dijalani.

GM Franchise PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), Tomy Sugianto, mengatakan setidaknya ada sejumlah hal yang perlu jadi pertimbangan utama sebelum orang memutuskan membeli franchise. Mau cari peluang bisnis franchise jangan tergiur bahasa marketing 2-3 bulan balik modal.

Perlu di-review dulu sudah berapa banyak outlet-nya. Kalau baru 5 di franchisekan, value rate masih rendah. Jumlah outlet itu menentukan keberhasilan. Selain itu, Tomy menyarankan agar usahawan pemula yang ingin merintis bisnis dengan franchise, disarankan tidak memilih franchise yang sifatnya musiman (seasonal).

Sementara itu, franchise yang telah memiliki STPW (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba) lebih disarankan lantaran sudah lebih teruji. Buat yang mau ambil bisnis franchise harus selektif. Kementerian Perdagangan mengeluarkan STPW cukup ketat, jadi yang sudah memiliki STPW sudah lebih proven. Kedua, apakah franchise yang dipilih sudah sesuai passion apa belum.

Source https://finance.detik.com/ https://finance.detik.com/solusiukm/d-3359215/banyak-penawaran-franchise-tapi-takut-gagal-begini-tips-cara-memilihnya?_ga=2.139338995.1786457964.1542935461-916231525.1540345384
Comments
Loading...