Cara Memilih Usaha Waralaba

Cara Memilih Usaha Waralaba

Memiliki usaha sendiri menjadi dambaan bagi banyak orang termasuk diri sendiri. Kerap menjadi permasalahan adalah tidak cukup modal (modal kecil) serta tidak ada ide. Di saat mempunyai ide tetapi tidak mempunyai modal yang cukup. Begitu pula dengan sebaliknya, ketika mempunyai modal yang cukup namun bingung ingin membuka jenis usaha yang menjanjikan seperti apa yang harus didirikan.

Bagi yang sedang mencari-cari jenis usaha yang menjanjikan saat ini dan di masa depan, bisnis waralaba merupakan salah satu pilihannya.  Bisnis waralaba yaitu sebuah bentuk kerja sama bisnis ataupun usaha dengan menggunakan prinsip kemitraan perusahaan yang telah mapan baik itu dari sisi sistem manajemennya, keuangannya ataupun dari sisi marketingnya dan adanya sebuah merek dari produk perusahaan yang telah dikenal oleh banyak masyarakat luas dengan perusahaan maupun individu yang menggunakan merek dari produk atau sistem tersebut. Salah satu waralaba yang cukup menjanjikan untuk saat ini dan di masa depan antara lain waralaba minimarket, waralaba laundry, waralaba kuliner dan masih banyak lagi.

 

Membangun usaha franchise atau waralaba tidaklah mudah seperti apa yang dibayangkan. Apabila Anda belum mempunyai banyak pengalaman namun memiliki cukup modal, dapat membeli waralaba dari sejumlah merek dagang yang telah terkenal atau dikenal oleh masyarakat luas. Tetapi mesti jeli serta teliti apabila ingin memperoleh keuntungan besar dalam kurun waktu yang lama.

Menentukan bisnis waralaba mana yang hendak dipilih, ada kiat khusus supaya bisa memperoleh keuntungan yang sangat besar namun dengan modal yang kecil atau terbatas. Berikut ini beberapa cara memilih usaha waralaba yang tepat. Cara Memilih Usaha Waralaba yang Tepat antara lain :

1. Bangun Bisnis Sesuai Modal

Modal merupakan hal paling utama dalam membangun sebuah bisnis waralaba. Apabila tidak mempunyai cukup modal, dapat melakukan pinjaman kepada Bank. Namun apabila menggunakan pinjaman bank, alangkah baiknya tentukan terlebih dahulu paket waralaba yang masih dapat dijangkau (paket waralaba murah) serta pikirkan juga kemampuan mengangsur setiap bulannya. Langkah ini bertujuan supaya tidak mengalami kerugian serta bisa tetap mengangsur.

2. Sesuaikan Dengan Minat atau Hobi

Pilihlah jenis usaha waralaba yang sesuai minat ataupun hobi. Apapun bentuk bisnis yang akan dijalani, akan lebih baik apabila bisnis tersebut sesuai dengan hati, supaya menikmati setiap prosesnya serta tidak terdapat unsur paksaan di dalamnya. Dalam menjalankan bisnis waralaba,  janganlah terlalu mengikuti bisnis orang lain jika sebenarnya tidak minat terhadap bisnis itu. Misalnya, apabila gemar dalam hal kuliner, maka dapat memulai bisnis waralaba dengan membuka bisnis restoran dan semacamnya.

3. Harga Produk yang Terjangkau

Ketika ingin memulai bisnis waralaba, harga produk waralaba pun mesti diperhatikan. Janganlah memilih bisnis waralaba yang menetapkan harga tinggi atau tak sesuai kondisi ekonomi yang ada di sekitar bisnis waralaba, sebab hal ini bisa membuat tak adanya konsumen untuk membeli sebab harganya yang terlalu mahal.

4. Izin Bisnis Waralaba Harus Legal

Memastikan segala surat atau dokumen yang berhubungan dengan izin bisnis waralaba jelas dan bisa dipertanggung jawabkan. Jangan sampai hanya karena dokumen yang tidak jelas tersangkut kasus hukum, sebab dapat merugikan diri.

5. Kompetisi

Mempertimbangkanlah tingkat persaingan bisnis waralaba yang ingin dijalankan. Apabila di daerah tersebut sudah ada produk sejenis dengan produk waralaba yang ingin jalankan, maka daerah tersebut sangat tidak bagus. Sebaiknya pilihlah lokasi yang sebelumnya tidak terdapat produk yang sejenis dengan produk usaha waralaba.

6. Lokasi Tepat dan Strategis

Pemilihan lokasi yang tepat dan strategis merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam cara memilih usaha waralaba yang tepat. Apabila lokasi yang dipilih tepat dan strategis, maka akan mendatangkan banyak konsumen. Carilah lokasi tang ramai di mana usaha waralaba tersebut akan ditempatkan seperti pusat perbelanjaan, sarana pendidikan, perkantoran dan lainnya.

Hal yang terpenting dalam menjalankan usaha waralaba adalah pemilihan jenis produk yang sesuai dengan minat serta lokasi yang tepat dan strategis. Pantang menyerah dan jangan putus asa supaya usaha waralaba tersebut hasilnya bisa maksimal.

Source cara memilih usaha waralaba 6 cara memilih usaha
Comments
Loading...