Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI, Mudah dan Praktis!

By | July 7, 2023

Bisnis Waralaba – Cara menonaktifkan sms banking BRI ternyata dapat dilakukan dengan sangat mudah. Dengan mematikan layanan ini, Anda tidak perlu lagi membayar biaya pulsa, dan tidak akan terganggu juga dengan notifikasi yang masuk ke dalam pesan handphone Anda.

SMS Banking merupakan salah satu layanan yang telah di sediakan oleh Bank BRI untuk memudahkan para nasabahnya dalam melakukan transaksi. Dari mengakses saldo sampai dengan membayar tagihan, Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah tanpa harus pergi ke bank atau ATM.

Namun, untuk beberapa orang, layanan ini cukup merepotkan karena harus setiap bulan membayar biaya pulsa. Sebagai solusinya, banyak para nasabah yang ingin menonaktifkan layanan ini. Selain itu, nasabah juga sudah terbiasa memakai aplikasi BRImo untuk kebutuhan transaksi mereka. Nah, ulasan kali ini akan memberikan beberapa panduan untuk cara menonaktifkan sms banking BRI.

3 Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI

Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI, Mudah dan Praktis!

1. Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI di HP

Langkah praktis yang pertama untuk bisa memberhentikan SMS Banking BRI yakni dengan menggunakan HP lewat call center, sama seperti cara blokir ATM BRI. Anda tidak perlu lagi ke luar rumah dan antre di kantor cabang. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Silahkan Anda siapkan nomor rekening BRI milik Anda.
  • Jika sudah maka buka menu panggilan/telepon di HP Anda.
  • Hubungi call center BRI di nomor 14017 atau bisa di 1500017.
  • Tunggu hingga muncul instruksi dari mesin penjawab panggilan otomatis.
  • Jika sudah maka pilih opsi untuk berbicara langsung dengan Customer Service (CS).
  • Jelaskan keinginan Anda untuk menonaktifkan layanan SMS Banking BRI kepada CS.
  • Berikan data yang diminta oleh cs, yakni seperti nomor rekening, nomor HP yang terdaftar, dan lain sebagainya.
  • Ikuti arahan selanjutnya hingga CS mengonfirmasi penonaktifan layanan.

Meski cara ini sangat praktis, namun ada satu kelemahan yang perlu Anda perhatikan. Anda juga harus mempunyai pulsa yang cukup untuk menelepon CS, dan biasanya jumlahnya tidak sedikit yakni sekitar Rp20 ribu sampai Rp30 ribu.

2. Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI Lewat ATM

Bagi Anda yang tidak ingin kehabisan pulsa untuk menelepon call center, maka Anda bisa mencoba cara yang kedua ini. Anda hanya perlu mencari ATM BRI yang tersedia di minimarket dan lokasi terdekat. Setelah itu, Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah mudahnya sebagai berikut ini:

  • Silahkan Anda kunjungi ATM BRI terdekat.
  • Masukkan kartu ATM BRI.
  • Masukkan PIN milik Anda.
  • Pilih menu Transaksi Lain.
  • Lalu pilih Lainnya > Menu Registrasi.
  • Jika sudah maka tekan menu SMS Banking atau Mobile Banking.
  • Lalu Hentikan.
  • Masukkan nomor PIN SMS Banking BRI milik Anda.
  • Tunggu hingga notifikasi penghentian layanan SMS Banking di layar ATM.

Di rekomendasikan Anda untuk melakukan langkah ini saat tidak ada banyak orang yang memakai mesin ATM yang sama ya. Hal ini karena, proses menonaktifkan layanan SMS Banking di ATM memerlukan waktu yang cukup lama. Takutnya bisa mengganggu pengguna lain.

3. Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI Melalui CS Bank

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan mendatangi kantor cabang BRI terdekat. Meskipun memerlukan waktu karena harus mengantre agar bisa dilayani oleh petugas Customer Service, tapi cara ini sangat aman karena Anda akan dipandu secara langsung oleh CS BRI.

Sebagai catatan, Anda bisa siapkan beberapa dokumen sebagai persyaratan sebelum Anda mengajukan permohonan penonaktifan SMS banking. Yakni seperti KTP, buku tabungan, serta kartu ATM yang terdaftar dengan SMS Banking. Berikut ini adalah langkah selengkapnya:

  • Silahkan Anda kunjungi atm BRI terdekat.
  • Ambil nomor antrean Customer Service dan tunggu hingga nomor Anda di panggil.
  • Sampaikan ke CS bahwa Anda ingin menonaktifkan layanan SMS Banking BRI.
  • Silahkan isi formulir yang diberikan oleh CS dengan benar.
  • CS kemudian akan memproses permintaan Anda.
  • Tunggu hingga layanan SMS Banking berhasil di nonaktifkan.
  • Jika Anda tidak ingin mengantri, pastikan Anda memilih waktu kunjungan yang tepat untuk menghindari antrean panjang.

Kenapa Menonaktifkan SMS Banking BRI?

Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI, Mudah dan Praktis!

Ada beberapa alasan kenapa banyak orang yang ingin menonaktifkan layanan sms banking bri yakni di antaranya sebagai berikut.

1. Ada Biaya Jika Memakai Sms Banking Bri

SMS banking bri ini tidak gratis, biasanya per bulan saldo nasabah akan di potong untuk layanan sms BRI. Tidak hanya itu, para nasabah juga akan di potong saldonya setiap sms yang masuk ke nomor hpnya, baik aktif ataupun tidak aktif. Hal ini berarti, walaupun nomor yang Anda gunakan untuk mendaftar bank BRI sudah tidak aktif. Maka, Anda akan tetap dikenakan biaya layanan sms ini.

Adapun biayanya sekitar 550-660 rupiah tergantung dengan provider. Jika Anda sehari mendapatkan 10 sms maka sudah pasti saldo Anda akan di potong Rp 6 ribu. Lumayan besar bukan? Apalagi jika dikalikan sebulan bisa mencapai ratusan ribu.

2. Sudah Ada Aplikasi Brimo

Kebanyakan nasabah yang ingin menonaktifkan layanan sms bank BRI yakni sudah ada aplikasi BRImo. Adapun, aplikasi BRImo ini sudah mewakili peran sms banking. Jadi jika Anda sudah mempunyai aplikasi BRImo buat apa lagi menggunakan sms banking. Apalagi sekarang sms sudah tidak sering untuk di buka dan di baca.

BRImo Fitur Solusi Untuk SMS Banking

Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI, Mudah dan Praktis!

Sebelumnya ulasan ini menjelaskan bawah penggunaan SMS banking di bank apapun akan memakai biaya pulsa yang tidak sedikit. Sebagai gantinya saat sudah menonaktifkan maka nasabah bisa memakai aplikasi.

Setiap bank termasuk BRI sudah mempunyai aplikasi perbankan yang mana sangat membantu nasabah dalam melakukan transaksi. Isi pada aplikasi ini sendiri sangat lengkap, mulai dari cek saldo, transfer, masukkan daftar transfer, dan lain sebagainya.

Adapun, pemakaian aplikasi perbankan juga tidak memerlukan modal pulsa atau internet yang banyak. Aplikasi ringan seperti ini biasanya hanya memakai 100 – 200 mb kuota internet. Tentu hal ini lebih terjangkau di bandingkan menggunakan SMS banking yang bisa memerlukan pulsa sampai lebih dari 10 ribu.

Kesimpulan

Layanan SMS banking ini cukup membantu untuk daerah yang koneksi internetnya masih rendah. Akan tetapi, jika jaringan internet Anda lancar, di sarankan Anda menggunakan internet banking BRI saja yang biaya bulanannya gratis.

Apalagi saat ini sudah ada BRImo yang sangat mudah untuk di gunakan. Sangat bisa membantu untuk transaksi perbankan Anda bagi para nasabah. Jika Anda menggunakan SMS Banking, ada biayanya. Selain itu, jika Anda merasa keberatan dengan sms notifikasi yang masuk, Anda bisa juga menonaktifkannya.

Nah, itulah beberapa cara menonaktifkan SMS Banking BRI yang sangat mudah dan praktis. Tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa cara tersebut agar Anda bisa menemukan yang paling cocok bagi Anda. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *