Cara Perhitungan Modal Usaha Fried Chicken

Cara Perhitungan Modal Usaha Fried Chicken

Biasanya seseorang akan menganalisa peluang usaha dan perhitungan modal fried chicken dengan metode analisa SWOT yang merupakan salah satu metode tersering. SWOT sendiri merupakan singkatan dari Strength,Weakness, Opportunity dan Threat. Ini merupakan sebuah metode analisa yang akan memberikan beberapa gambaran berupa :

  • Potensi atau kekuatan dari usaha fried chicken itu sendiri jika anda membukanya di wilayah atau lingkungan sekitar.
  • Menganalisa seberapa banyak atau ada tidaknya pesaing di wilayah tersebut.
  • Melihat seberapa banyak pengaruh maupun ancaman yang berada di wilayah tersebut jika nantinya anda membuka sebuah usaha fried chicken.

Agar bisa menerapkan metode analisa SWOT diatas maka anda harus mengajukan beberapa pertanyaan spesifik terhadap dirimu sendiri seperti :

  • Apa saja yang nantinya akan kamu terapkan ketika memulai sebuah bisnis atau membuka usaha fried chicken ini?
  • Bagai mana kamu melakukan survey terhadap beberapa pesain yang akan bersaing denganmu dipasaran?

Jika anda mempelajari beberapa hal seperti kunci sukses usaha kuliner maka sebenarnya melakukan usaha fried chicken tidaklah sulit. Bahkan anda bisa mempelajari dan menguasai metode membuka usaha fried chicken hanya dengan hitungan jam.

Modal Awal Membuka Usaha Fried Chicken

Konsep bisnis yang nantinya akan kit jalankan akan menentukan berapa modal awal dari usaha fried chicken ini. Jadi sebenarnya besar atu kecilnya kisaran modal awal yang di butuhkan oleh pengusaha fried chicken akan sangat bergantung pada konsep usaha yang akan di jalankan. Semua hal akan mengalami beberapa peluang resiko tersendiri seperti resiko usaha burger. Berikut analisa perhitungan modal awal usaha fried chicken yang bisa anda pertimbangkan:

  • Harga pembelian ayam per-ekor : Rp. 30.000 x 5 Kg = Rp. 150.000 x 30 hari = Rp. 4.500.000
  • Tepung terigu : Rp. 10.000 x 30 hari = Rp. 300.000
  • Minyak Goreng : Rp.11.000 x 30 hari = Rp. 330.000
  • Telur Ayam : Rp. 10.000 x 30 hari = Rp. 300.000
  • Kantong Plastik : Rp. 5000 x 30 hari = Rp. 150.000
  • Sewa Tempat Sebulan : Rp. 350.000

Jadi modal awal dalam sebulan untuk pembelian bahan dan sewa tempat adalah Rp. 5.580.000

Biasanya 1 ekor ayam bisa menghasilkan 9 hingga 10 potong fried chicken. Sedangkan harga jual dari fried chicken sangat bervariasi mulai dari Rp. 5000 hingga Rp. 10.000. Jika anda jual dengan harga Rp. 5000 maka keuntungan yang di dapat adalah Rp. 5000 x 50 = Rp. 250.000 x 30 hari = Rp. 7.500.000 – Rp. 5.580.000 = Rp. 1.920.000

Agar lebih menghemat modal awal usaha fried chicken anda maka anda harus mengetahui terlebih dahulu cara membuat franchise sendiri. Dimana anda membutuhkan beberapa peralatan sederhana untuk membuat dan membuka usaha fried chicken anda tersebut.

Tidak harus langsung memulai dengan sebuah etalase mewah, anda bisa menggunakan sebuah gerobak sederhana namun tetap menggunakan desain rapi dan menarik agar memikat para pelanggan untuk membeli dagangan anda tersebut.

Untuk masalah sewa tempat anda juga bisa menghemat pengeluaran dengan tidak menggunakan sewa tempat sama sekali. Apalgi jika anda tinggal di kawasan yang ramai penduduk dan ramai anak-anak. Cara menanggulanginya cukup mudah hanya dengan membuka sebuah etalase sederhana. Dengan memanfatkan pekarangan rumah atau membuat sebuah gerobak keliling yang akan mudah anda bawa kemana mana dan menjajakannya secara keliling di perumahan dan kompleks tersebut.

Seperti keuntungan usaha catering, hal lain yang harus anda lakukan adalah melakukan pemberian nama yang unik agar pelanggan mudah mengingat dan mempromosikan dagangan anda tersebut. Jangan lupa untuk memberikan kesan khusus dan menarik.

Nantinya bisa menjadi salah satu ciri khas dagangan anda. Dimana anda juga bisa mendesain tempat produk fird chicken anda dengan logo unik dan alamat serta contact person yang bisa di hubungi jika saja ada pemesanan mendadak dan membutuhkan jumlah yang banyak.

Source https://dosenekonomi.com/ https://dosenekonomi.com/bisnis/peluang-bisnis/perhitungan-modal-usaha-fried-chicken
Comments
Loading...