Ciri-Ciri Lokasi Franchise Yang Baik

Ciri-Ciri Lokasi Franchise Yang Baik

Menentukan lokasi yang baik bagi bisnis Franchise salah satu hal yang paling penting untuk kesuksesan. Jika gagal memilih lokasi yang baik maka kemungkinan besar gagal pula bisnisnya. Beberapa dampak dari kegagalan ini akan dirasakan.

Mulai dari sulitnya berjualan, revenue dan profit tidak tercapai, promosi dan marketing yang memerlukan biaya lebih banyak dan waktu yang lebih lama. Hal ini akan berakibat turunya motivasi team kerja terutama team pemasaran dan penjualan. Bagi pemilik bisnis akibatnya akan lebih lama mencapai Break Even Point (BEP) bahkan merugi dan tutup usaha.

Apa yang dilakukan oleh jawara Franchise dunia dalam memilih lokasi? Coba kita analisis Franchise paling TOP dunia diantaranya McDonald, KFC, dan Starbucks. Mengapa mereka menjadi sukses? Salah satunya karena strategi pemilihan Lokasi. Mereka tak pernah kompromi dengan pemilihan Lokasi. Dengan menempati Lokasi yang TOP akan menaikan kemungkinan sukses yang tinggi. Bagaimana strategi itu dilakukan?

Untuk bisa melakukan strategi itu maka diperlukan perencanaan yang baik dalam pemilihan TOL (Top Of Location). Kuncinya jangan kompromi dengan TOL. Pilihlah TOL sesuai kriteria-kriteria yang sudah dibahas di artikel-artikel edisi sebelumnya. Dengan TOL akan meningkatkan kemungkinan Franchise Anda menjadi Franchsie TOM. Serta dengan TOL akan mempercepat Franchise Anda menjadi TOM.

Pilihlah lokasi yang stretagis meskipun harga beli maupun sewanya akan lebih tinggi. Berusahalah agar mampu untuk membeli atau menyewanya dengan berbagai cara. Atau carilah lokasi lain yang tidak kalah strategisnya dengan harga sewa yang terjangkau oleh kantong Anda.

Strategi lain untuk mendapatkan TOL jika Anda tidak mampu membeli atau menyewanya. Yaitu dengan cara kerjasama dengan pemilik lokasi. Kerjasama bagi hasil. Ada dua alternative bagi hasil, berdasarkan omset (revenue sharing) dan berdasarkan keuntungan (profit sharing).

Dengan strategi bagi hasil maka Anda tidak terbebani dengan modal awal yang besar. Untuk membeli atau menyewa lokasi yang strategis. Ini akan jauh lebih baik daripada Anda berkompromi dengan memilih lokasi yang kurang strategis dengan alasan modal atau apapun. Jangan berkompromi dalam memilih TOL.

Bagaimana jika tidak mau bagi hasil. Cara yang berikutnya adalah Anda membayar sewa dengan termin. Mintalah keringanan pembayaran dengan membayar berkala. Misalnya per 3 bulan. Ini akan memungkinkan usaha Anda akan tetap jalan dengan TOL. Gunakanlah waktu per 3 bulan itu sebaik mungkin, maksimalkan profit Anda sehingga Anda memiliki pilihan untuk terus menyewa TOL itu bahkan mampu membelinya.

Sebelum menentukan TOL untuk Franchise Anda. Buatlah perencanaan bisnis yang matang dan seksama. Banyak pebisnis membuat perencanaan bisnis tapi tidak melakukan perencanaan 2 item paling penting ini. Perencanaan bisnis yang baik tidak hanya berisi produk, price, promotion, propotition, delivery, customer service dan lain-lain.

2 hal paling penting berikut ini. Yaitu secure supply chain dan survey/analisis market demand. Dua hal ini adalah yang paling penting untuk setiap bisnis namun malah tidak dilakukan dan dimasukan dalam perencanaan bisnis.

Seperti McDonald, KFC dan Franchise TOM lainya yang bisa selalu menjadi Top Of Mind di manapun. Janganlah berkompromi dalam memilih TOL. Jadilah TOL untuk menjadikan Franchise Anda Top Of Mind bagi pelanggan dan calon pelanggan Anda.

Source http://majalahfranchise.com/ https://www.majalahfranchise.com/article/641/ciriciri-yang-baik-lokasi-bisnis-franchise
Comments
Loading...