Dari Bisnis Waralaba, Sulis Kini Punya 6 Reseller

Dari Bisnis Waralaba, Sulis Kini Punya 6 Reseller

Sejak masuk perguruan tinggi, Sulistyowati telah memiliki jiwa wirausaha. Berbagai jenis produk telah diperdagangkannya, mulai dari kaos, es cincau, hingga rujak. Sekarang, mahasiswi UIN Walisongo Semarang itu fokus menggeluti satu bidang, yakni online shop busana muslim.

Ternyata dalam berbisnis terpenting harus fokus. Walupun usahanya masih kecil, berbekal fokus bakal cepat besar. Kepada para pengunjung, Sulis menceritakan kisah perjalanan usahanya. Awalnya, dia hanya mahasiswa biasa yang nyambi berjualan barang-barang milik temannya (reseller).

Kemudian, sejak setahun lalu berbekal kegemarannya mendesain busana ditambah pengalaman nyambi berjualan online semasa kuliah, ia memutuskan membuka usaha sendiri berbendera El Zora. Bagi yang berkeinginan buka usaha tapi masih bingung, sarannya pilih sesuai kegemaran atau hobi, jadi ngerjainya enak, nggak pernah merasa berat.

Kini, Sulis telah memiliki enam reseller yang tersebar di Tanah Air, bahkan di luar negeri. Di antaranya Semarang, Surabaya, Pati, Taiwan, Malaysia, dan Boja. Rekan bisnis itu didapatnya melalui pertemanan Facebook. Walaupun lewat Facebook, saya nggak pernah khawatir, karena barang kirim setelah uang saya terima.

Dalam sebulan, Sulis minimal dapat menjual 50 produk dengan omzet hingga Rp 3 juta. Bisnis yang dirintisnya satu tahun lalu itu berkembang pesat, bahkan dia berencana membuka toko di Semarang dari hasil kerja kerasnya itu.

Sekarang ini lulusan kuliah sudah tidak diharapkan lagi kerja di perusahaan, karena perlambatan ekonomi yang terjadi di Indonesia sudah tidak mampu lagi menyerap tenaga kerja. Belum lagi hadirnya MEA yang mulai banyak berdatangan para tenaga kerja asing di sebuah perusahan dalam negeri.

Kadin telah berusaha mengembangkan wirausaha-wirausaha baru di Jateng melalui berbagai macam program, mulai dari edukasi hingga pelatihan. Riza Radyanto, Koordinator Klinik Konsultas UMKM Center Jateng, memaparkan, acara Kucingan ini sebagai upaya membangkitkan wirausaha baru di Jateng. Berbagai kegiatan diselenggarakan, satu di antaranya talk show interaktif dari pelaku usaha kecil.

Source http://jateng.tribunnews.com/ http://jateng.tribunnews.com/2015/08/22/dari-bisnis-waralaba-sulis-kini-punya-6-reseller
Comments
Loading...