Dinkes Kota Bogor Terapkan Tipiring KTR di Waralaba

Dinkes Kota Bogor Terapkan Tipiring KTR di Waralaba

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, mengoptimalkan penerapan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Dengan memberikan sanksi Tindak pidana ringan kepada waralaba. Atau pasar modern yang masih menjual rokok dengan rak terbuka atau mudah diakses.

Pengawasan KTR di toko serba atau pasar modern memang belum optimal. Hal ini dilihat masih banyak yang menjual rokok di rak-rak yang terpampang tanpa ditutupi pembatas. Dalam Peraturan Wali Kota Nomor 7 Tahun 2010 tentang petunjuk pelaksanaan Perda Nomor 12 Tahun 2009, yang melarang iklan rokok di Kota Bogor.

Masih banyak kedapatan warung waralaba atau pasar modern yang menjual rokok di rak-rak dekat kasir tanpa tertutup atau terhalang oleh penglihatan, sehingga memudahkan mata untuk mengaksesnya. Dikatakannya, di sejumlah negara yang sudah memberlakukan kawasan tanpa rokok, aturan tersebut sudah dipatuhi oleh toko-toko modern. Rak-rak rokok ditutup dengan menggunakan properti yang tidak transparan.

Kendala yang dihadapi adalah banyak warung waralaba yang sudah kontrak seumur hidup dengan perusahaan rokok. Total nilai kontrak tersebut bisa membiayai seluruh toko sehingga jika toko tidak kerja sama dengan rokok akan bangkrut.

Ia menambahkan, pihaknya masih memberikan waktu kepada warung waralaba dan toko modern untuk mematuhi aturan tersebut, karena beberapa warung waralaba seperti Alfamart sudah bersedia untuk melakukan langkah menutup rak-rak rokoknya.

Source https://www.wartaekonomi.co.id/ https://www.wartaekonomi.co.id/read41540/dinkes-kota-bogor-terapkan-tipiring-ktr-di-waralaba.html
Comments
Loading...