Download Lengkap: TP ATP Modul Ajar Madrasah MI MTs MA

By | September 9, 2023

pusatdapodik.com – TP ATP Modul Ajar Madrasah MI MTs MA.

Tujuan Panduan Pembelajaran Aliran ATP merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis, menurut urutan pembelajaran dari awal sampai akhir suatu tahapan.

Dalam operasional kurikulum satuan pendidikan dan alur tujuan pembelajaran (ATP) memiliki fungsi yang sama dengan silabus yaitu sebagai acuan perencanaan pembelajaran.

Apabila satuan pendidikan mempunyai kurikulum operasional dan ATPpengembangan perangkat pengajaran dapat mengacu pada kedua dokumen tersebut.

Download Lengkap: Modul Pengajaran TP ATP Madrasah MI MTs MA

TP ATP Modul Ajar Madrasah MI MTs MA

Menganalisis Hasil Belajar (CP) untuk Menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran

Hasil Belajar (CP) merupakan kompetensi belajar yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Akses belajar memuat seperangkat kompetensi dan ruang lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.

Menyesuaikan tahapan perkembangan siswa memetakan hasil belajar dibagi dalam fase usia.

TK Tahap Yayasan Prasekolah 1
2 Tahap A Kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah
3 Tahap B Kelas 3 dan 4 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah
4 Tahap C Kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah
5 Tahap D Kelas 7 – 9 SMP atau MTs
6 Tahap E Kelas 10 SMA, SMK atau MA
7 Tahap F Kelas 11 – 12 SMA, SMK atau MA

Tujuan kegiatan analisis prestasi belajar ATP untuk mengembangkan Tujuan Pembelajaran

dan Aliran Sasaran Pembelajaran : Memperoleh peta kompetensi yang akan dilakukan menjadi acuan pelaksanaan pembelajaran.

Untuk menyusun rencana pembelajaran, distribusi kompetensi pada Prestasi Belajar itu perlu dipetakan ke tujuan belajar dan mengalir tujuan pembelajaran.

Peta kompetensi kemudian digunakan sebagai templat untuk mengembangkan
perangkat pengajaran.

Pendidik dan satuan pendidikan bisa Gunakan berbagai strategi untuk menetapkan tujuan pembelajaran dan alur tujuan.

Harus yakin dengan tujuannya pembelajaran dan alur tujuan dan alur pembelajaran tujuan pembelajaran yang dipetakan memenuhi kriteria pengikut:

Tujuan Pembelajaran yang ideal terdiri dari 2 komponen mengikuti:

a) Kompetensi adalah kemampuan yang mencakup sketerampilan, pengetahuan, dan keterampilan

Yang dapat ditunjukkan oleh siswa yang menunjukkan siswa telah berhasil mencapainya tujuan pembelajaran.

b) Isi, yaitu pengetahuan inti atau konsep pokok Panduan Belajar dan Penilaian yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran.

Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran:

a) Mendeskripsikan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai siswa

b) Alur tujuan pembelajaran dalam satu fase menguraikan ruang lingkup dan tahapan pembelajaran yang linier dari awal hingga akhir fase.

c) Alur tujuan pembelajaran pada semua tahapan menguraikan ruang lingkup dan tahapan pembelajaran yang menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi antar fase dan level.

Direkomendasikan untuk Pendidik dalam memformulasi ATP aliran tujuan sedang belajar:

a) Dalam merumuskan tujuan pembelajaran pendidik mengacu pada kompetensi yang tercantum dalam CP.

b) Merumuskan kalimat tujuan pembelajaran mengambil referensi dari berbagai sumber atau menggabungkan berbagai tujuan pembelajaran kurikulum.

c) Identifikasi dimensi Profil Pelajar Pancasila mungkin berhubungan dengan kompetensi yang diinginkan dicapai

TP ATP Modul Ajar Madrasah MI MTs MA

1 Melakukan analisis CP terhadap mata pelajaran pada fase tersebut akan dipetakan.

2 Identifikasi kompetensi yang dibutuhkan dikuasai siswa pada fase tersebut.

3 Merumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang ingin dicapai,

konten yang akan dipelajari dan variasi keterampilan Pikirkan tentang apa yang perlu dikuasai siswa mencapai tujuan pembelajaran.

4 Mengidentifikasi unsur dan atau sub unsur Profil Siswa Pancasila sesuai dengan tujuan pembelajaran dirumuskan.

5 Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, tentukan tujuan belajar secara linier dan berurutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan sehari-hari.

Baca Juga : LENGKAP : Contoh Flowchart dan Tujuan Pembelajaran Matematika ATP Kelas 1-12 Kurikulum Mandiri

Sedangkan tata cara penyusunan tujuan pembelajaran berdasarkan tahapan adalah sebagai berikut:

1. Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) dan mengaturnya alur pembelajaran untuk mencapai kompetensi pada fase itu.

2. Analisislah unsur-unsurnya Prestasi Belajar (CP) untuk mengidentifikasi kompetensi pada akhir fase pada elemen itu.

3. Tim pendidik berkolaborasi menganalisa Naskah prestasi Pembelajaran (CP)
subjek yang menjadi fokus.

Disarankan:

a) Penyusunan alur tujuan pembelajaran dilakukan pada tingkat satuan pendidikan oleh tim pendidikan pada mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran itu sama

b) Alur tujuan pembelajaran yang telah dipetakan, ditinjau bersama dalam tim, berdasarkan penilaian ahli dari tim pendidikan untuk memastikan kesesuaian dengan kriteria aliran tujuan sedang belajar.

c) Evaluasi alur tujuan pembelajaran hendaknya dilakukan sebagai bagian dari evaluasi proses pembelajaran secara keseluruhan.

d) Jika hambatan atau ketidakefektifan teridentifikasi dalam pembelajaran dapat dilakukan perbaikan pada perangkat pengajaran, tujuan pembelajaran atau seterusnya alur tujuan pembelajaran.

Modul Pengajaran TP ATP Mata Pelajaran Lain MI MTs MA dapat anda download melalui link berikut.

  • TP ATP Mengajar Modul Akhlak Iman MI MTs MA [Unduh]
  • Modul Pengajaran Fiqh TP ATP MI MTs MA [Unduh]
  • TP ATP Modul Ajar SKI MI MTs MA [Unduh]
  • Modul Pengajaran TP ATP Quran Hadits MI MTs MA [Unduh]
  • Modul Pengajaran Bahasa Arab TP ATP MI MTs MA [Unduh]

Baca Juga: Modul P5 Sederajat SMP Tahap D

Demikan TP ATP Modul Ajar Madrasah MI MTs MA, Semoga bermanfaat.

pusatdapodik.com

Category: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *