pusatdapodik.com – Modul P5 Tahap D Tema Kearifan Lokal.
Modul P5 Tahap D Tema Kearifan Lokal Apa yang akan Admin bagikan bisa dijadikan referensi dalam pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis proyek.
Dengan berlari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5, guru diharapkan mampu menemani proses belajar siswa
untuk mampu menumbuhkan kapasitas dan membangun akhlak mulia yang tertuang dalam Profil Pelajar Pancasila.
Modul P5 merupakan dokumen yang memuat tujuan, langkah-langkah, media pembelajaran, dan penilaian yang diperlukan dalam melaksanakan proyek penguatan profil pelajar Pancasila.
Pendidik di setiap satuan pendidikan mempunyai kebebasan untuk membuat, memilih dan memodifikasi modul proyek yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik dan kebutuhan peserta didik.
Modul P5 Tahap D Tema Kearifan Lokal
Profil pelajar Pancasila merupakan watak dan kemampuan yang dibangun dalam kehidupan sehari-hari dan diwujudkan dalam diri setiap individu pelajar melalui:
1. Kebudayaan satuan pendidikan
Iklim satuan pendidikan, kebijakan, pola interaksi dan komunikasi, serta norma-norma yang berlaku di satuan pendidikan.
2. Pembelajaran intrakurikuler
Beban belajar
Kegiatan/pengalaman belajar
3. Proyek penguatan profil pelajar Pancasila
Proyek Sains Lintas Disiplin kontekstual dan berdasarkan kebutuhan atau permasalahan masyarakat di lingkungan satuan pendidikan.
(Dalam pendidikan kesetaraan berupa proyek pemberdayaan dan keterampilan berbasis profil Siswa Pancasila).
4. Ekstrakurikuler
Kegiatan untuk mengembangkan minat dan bakat.
Prinsip Pokok Proyek Profil Pelajar Pemantapan Pancasila
1. Holistik
Holistik berarti memandang sesuatu secara utuh dan menyeluruh, tidak parsial atau terpisah-pisah.
Dalam rangka perancangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, kerangka pemikiran yang holistik mendorong kita
mengkaji suatu tema secara keseluruhan dan melihat keterkaitan berbagai hal untuk memahami suatu permasalahan secara mendalam
2. Kontekstual
Prinsip kontekstual berkaitan dengan upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
Mendorong pendidik dan peserta didik untuk mampu memanfaatkan lingkungan sekitar dan realitas kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran.
3. Berpusat pada Siswa
Prinsip berpusat pada siswa berkaitan dengan skema pembelajaran yang mendorong siswa menjadi subjek belajar yang aktif mengatur proses belajarnya secara mandiri.
4. Eksploratif
Prinsip eksploratif berkaitan dengan semangat membuka ruang seluas-luasnya bagi proses penyelidikan dan pengembangan diri.
Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila tidak berada dalam struktur intrakurikuler yang dikaitkan dengan berbagai skema penataan mata pelajaran formal.
Tema Proyek Berdasarkan Level
1. Tema Proyek PAUD
A. Saya Cinta Bumi
Bertujuan untuk mengenalkan siswa pada permasalahan lingkungan hidup, eksplorasi dalam mencari solusi kreatif apa yang dapat dilakukan siswa,
sebaik menumbuhkan kepedulian terhadap alam sebagai perwujudan rasa cinta terhadap ciptaan Tuhan.
B. aku cinta Indonesia
Tujuannya agar siswa mengetahuinya identitas dan ciri khas negara, keanekaragaman budaya dan ciri-ciri lain tentang Indonesia
sampai mereka mengerti identitasnya sebagai anak Indonesiadan bangga menjadi anak Indonesia.
C. Kita semua adalah saudara
Bertujuan untuk mengajak siswa untuk mampu berinteraksi dengan teman sebaya, menghargai perbedaan, mau berbagi, dan mampu bekerja sama.
D. Imajinasi dan Kreativitas Saya
Bertujuan untuk mengajak siswa belajar mengenal dunia mereka melalui imajinasi, eksplorasi dan eksperimen.
Pada tema Imajinasi dan Kreativitasku, siswa dirangsang dengan serangkaian kegiatan yang dapat dilakukan membangkitkan rasa ingin tahunya, memperkaya pengalamannya dan memperkuat kreativitasnya.
2. Tema proyek untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat
A. Gaya Hidup Berkelanjutan
Bertujuan untuk mengenalkan siswa agar mampu memahami dampak aktivitas manusia,
baik jangka pendek maupun jangka panjang, terhadap kelangsungan kehidupan dunia dan lingkungan sekitarnya.
Siswa juga membangun kesadaran akan sikap dan perilaku ramah lingkungan, mempelajari potensi krisis keberlanjutan apa yang terjadi di lingkungan sekitar juga mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.
B. Kearifan lokal
Bertujuan untuk mengenalkan siswa agar mampu membangun keterampilan rasa ingin tahu dan inkuiri melalui penggalian budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau wilayah, dan perkembangannya.
Pelajar mempelajari bagaimana dan mengapa komunitas lokal/regional berkembang, konsep dan nilai di balik seni dan tradisi lokal,
dan merenungkan nilai-nilai apa yang dapat mereka ambil dan terapkan dalam kehidupan mereka.
C. Bhinneka Tunggal Ika
Siswa mengetahui dan memajukan budaya damai dan tanpa kekerasan,
belajar membangun dialog yang saling menghormati tentang keberagaman dan nilai-nilai ajaran yang dianutnya.
Siswa juga mengkaji sudut pandang berbagai agama dan kepercayaan, mengkaji secara kritis dan reflektif berbagai stereotip negatif serta dampaknya menentang konflik dan kekerasan.
D. Bangunkan Tubuh dan Jiwa
Pelajar membangun kesadaran dan keterampilan untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani, baik bagi diri sendiri maupun orang disekitarnya.
Pelajar melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah yang berkaitan dengan kesejahteraan pribadi (kesejahteraan), intimidasidan berusaha mencari jalan keluar.
Mereka juga mengkaji permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk permasalahan narkoba, pornografi, dan kesehatan reproduksi.
3. Tema proyek untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat
A. Suara Demokrasi
Bertujuan untuk mengenalkan siswa agar mampu menggunakan keterampilan berpikir sistem, menjelaskan hubungan peran individu dengan kelangsungan demokrasi Pancasila.
Melalui pembelajaran ini siswa merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi dan tantangannya dalam berbagai kontekstermasuk dalam organisasi sekolah dan/atau dunia kerja.
B. Rekayasa dan Teknologi
Bertujuan untuk mengenalkan siswa agar mampu melatih pemikiran kritis, kreatif, inovatif, serta kemampuan berempati untuk merekayasa pengembangan produk teknologi yang membuat segalanya lebih mudah bagi Anda dan lingkungan Anda.
Siswa dapat membangun budaya masyarakat cerdas dengan menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat sekitar melalui inovasi dan penerapan teknologi, mensinergikan aspek sosial dan aspek teknologi.
C. Kewiraswastaan
Bertujuan untuk mengenalkan siswa agar mampu mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal
dan permasalahan yang ada dalam mengembangkan potensi tersebutserta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat.
Melalui kegiatan ini akan dikembangkan kreativitas dan budaya kewirausahaan.
Siswa juga membuka wawasan terhadap peluang masa depan, peka terhadap kebutuhan masyarakat, menjadi pemecah masalah terampil, dan siap menjadi tenaga kerja profesional yang penuh integritas.
Baca Juga: Sintaks Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Learning (DIL).
Alur Proyek Perencanaan Modul Penguatan Profil Siswa Pancasila
Baca Juga: Panduan Pengembangan P5 dan Budaya Kerja SMK
Komponen Modul Proyek
Modul proyek dilengkapi dengan komponen-komponen yang menjadi dasar proses persiapan dan diperlukan untuk terselesaikannya pelaksanaan pembelajaran.
Modul proyek pada dasarnya memiliki komponen-komponen berikut:
1. Modul Profil
- Tema dan judul topik atau modul
- Fase atau level target
- Durasi aktivitas
2. Dimensi, Elemen, Tujuan
- Memetakan dimensi, unsur, sub unsur Profil Pelajar Pancasila yang menjadi tujuan proyek
3. Aktivitas
- Alur umum kegiatan proyek
- Penjelasan tahapan kegiatan dan penilaian
4. Penilaian
- Instrumen untuk mengolah hasil penilaian untuk menyimpulkan pencapaian proyek
- Rubrik prestasi (kecuali PAUD) memuat rumusan kompetensi yang sesuai dengan tahapan siswa.
Contoh Modul P5 Tahap D Tema Kearifan Lokal
Adapun contohnya Modul Kearifan Lokal Tema P5 Tahap D dapat Anda unduh melalui link berikut.
- Modul Proyek Kearifan Lokal Tahap D – Permainan Tradisional [Unduh]
- Proyek Modul Tahap D Kearifan Lokal – Menjadikan Makanan Tradisional “Itak Gurgur” [Unduh]
- Modul Fase D Proyek Kearifan Lokal – Saya Penjaga Tradisi_ Menafsirkan Persembahan Layang-layang [Unduh]
- Proyek Modul Tahap D Kearifan Lokal – Eksplorasi Empon – Empon [Unduh]
- Proyek Modul Tahap D Kearifan Lokal – Mengunjungi Tempat Bersejarah di Desa Siallagan [Unduh]
- Proyek Modul Tahap D Kearifan Lokal – Sampurasun, Beas Perelek! [Unduh]
- Modul Proyek Kearifan Lokal Tahap D – Kerajinan Tangan dari Kulit Jagung [Unduh]
- Modul Proyek Kearifan Lokal Tahap D – Kerajinan Tembikar dari Tanah Liat [Unduh]
- Modul Proyek Kearifan Lokal Tahap D – Wayangku Kini [Unduh]
- Modul Proyek Kearifan Lokal Tahap D – Maanta dan Mananti Marapulai [Unduh]
- Modul Proyek Kearifan Lokal Tahap D – Tradisi yang Terbengkalai [Unduh]
- Modul Proyek Kearifan Lokal Tahap D – Kegunaan Empon – Empon untuk Kesehatan [Unduh]
Modul Proyek Penguatan Profil Mahasiswa Pancasila (P5) Tahap D dengan tema lainnya dapat Anda unduh melalui link berikut.
- Modul P5 Tahap D Tema Bhinneka Tunggal Ika [Unduh]
- Modul P5 Tahap D Tema Membangun Tubuh dan Jiwa [Unduh]
- Modul P5 Fase D Tema Gaya Hidup Berkelanjutan [Unduh]
- Modul P5 Tema Kewirausahaan Tahap D [Unduh]
- Tema Rekayasa dan Teknologi Modul P5 Fase D [Unduh]
- Modul P5 Tahap D Tema Suara Demokrasi [Unduh]
Bagi Anda yang membutuhkan Modul Proyek Tahap P5 lainnya, Anda dapat mengunduhnya melalui tautan berikut.
- Modul Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila (P5) Tahap B Tingkat Sekolah Dasar dan Sederajat [Unduh]
- Modul Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila (P5) Tahap C Tingkat Sekolah Dasar dan Sederajat [Unduh]
- Modul Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila (P5) Tahap E tingkat SMA sederajat [Unduh]
- Modul Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila (P5) Tahap F tingkat SMA sederajat [Unduh]
Dengan demikian Modul P5 Tahap D Tema Kearifan Lokal, Semoga dapat membantu guru dalam penyusunan Modul P5.
pusatdapodik.com