Faktor Perluasan Jaringan Waralaba

Faktor Perluasan Jaringan Waralaba

Dalam bisnis waralaba, banyaknya gerai akan mempengaruhi kesuksesan bisnis tersebut. Dengan semakin banyaknya gerai waralaba maka akan semakin besar pula volume jaringan bisnis waralaba. Inilah yang membuat para franchisor seolah berlomba-lomba menambah gerai. Dengan banyaknya gerai waralaba ini berarti akan memperbesar nilai royalti yang akan diterima oleh franchisor. Royalti inilah yang menjadi tulang punggung bisnis waralaba.

Adapun perluasan jaringan waralaba dipengaruhi oleh dua faktor

  1. Internal: yang meliputi karakteristik dan keunikan produk, positioning, support franchisor, merk yang populer, kepuasan franchisee, dan rasio keberhasilan gerai.
  2. Eksternal: tingkat kejenuhan pesaing, perilaku pasar, ketersediaan bahan baku dan tenaga profesional.

Dari kedua faktor diatas dapat disimpulkan bahwa untuk menambah gerai dengan cepat maka harus didukung dengan banyaknya gerai yang terlebih dahulu sukses. Untuk menambah gerai yang sukses harus diiringi dengan kondisi internal yang mendukung keberhasilan gerai. Jika peningkatan internal belum dilakukan, maka menambah jumlah gerai akan sulit diwujudkan.

Source https://zahiraccounting.com/id/ https://zahiraccounting.com/id/blog/strategi-jitu-mengembangkan-gerai-waralaba/
Comments
Loading...