Franchise Lokal Go Internasional

Franchise Lokal Go Internasional

Dari total semua franchise lokal yang ada di Indonesia, hanya 20 persen saja yang sudah go internasional. Total franchise lokal sendiri ada sekitar 1000 merek, itu artinya ada 200 merek yang sudah berani terjun ke luar negeri.

Sejauh ini memang belum terlalu banyak. Karena buka waralaba di negara sendiri itu beda dengan buka waralaba di luar negeri. Jadi harus benar-benar prepare dan pemerintah juga harus support itu. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa ada beberapa alasan lain yang membuat pemain franchise lokal enggan terjun ke luar negeri. Pertama, misalnya F&B yang dimana bahan-bahan makanannya belum tentu ada disana (luar negeri-red).

Faktor lainnya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat agak susah mencarinya di luar negeri. Belum lagi ditambah penghasilan atau gaji yang harus dikeluarkan berbeda dengan di Indonesia. Untuk itu, Levita berharap pemerintah bisa memberikan perhatian penuh kepada para pelaku usaha dengan memberikan pelatihan-pelatihan, sehingga mereka bisa menghadapi pangsa internasional dengan bijak.

Source bisniswaralaba.id
Comments
Loading...