Franchise My Mealbox

Franchise My Mealbox

Peluang bisnis dekorasi bento makin menjanjikan. Kreativitas pelaku usaha dengan membentuk bento dengan tokoh-tokoh kartun membetot anak-anak. Selain untuk bekal makan anak ke sekolah, bento dekorasi juga banyak dipesan buat pesta ulang tahun anak. Omzet usaha ini mencapai puluhan juta per bulan.

Dari sekian banyak makanan khas Jepang, bento termasuk yang paling populer di Indonesia. Namun di Indonesia, bento sudah mengalami banyak modifikasi. Selain menunya lebih bervariasi, kini bento juga hadir dengan aneka ragam tampilan yang kian menarik.

Seni menghias bento ini disebut kyaraben. Di tangan para penghias bento, makanan yang terdiri dari nasi putih, lauk, dan sayuran yang disajikan di kotak ini didekorasi sedemikian rupa, sehingga menghasilkan bentuk-bentuk yang menarik dan menggugah selera.

Kebanyakan usaha ini berbentuk katering dan menyasar anak-anak, baik sebagai bekal makanan untuk dibawa sekolah maupun untuk pesta ulang tahun. Lantaran banyak menyasar anak-anak, dekorasi bento banyak dibuat menyerupai tokoh kartun, seperti doraemon, spongebob, angry bird.

Salah satu pemain bisnis ini adalah Lukman Setiawan Wihardja, pemilik My Mealbox di Jakarta. Ia memulai usaha ini April 2010. Lukman mengaku, pelanggannya kebanyakan para orang tua yang tak sempat menyiapkan bekal makanan untuk anak-anak mereka.

Namun, menurut Lukman, untuk terjun ke usaha ini seseorang harus memiliki bakat di bidang desain makanan. Dekorasi bento juga bisa dipesan sesuai keinginan pelanggan (custom). Setiap bulan, ia bisa membuat 1.000 bento dekorasi yang dipasarkan di wilayah Jabodetabek.

Dalam racikan bentonya, ia menyertakan beberapa macam menu, seperti chicken nuggets, mi goreng, sosis, bakso, dan telur dadar. Selain itu ada juga aneka sayuran, seperti tomat, mentimun, dan wortel. Menunya harus higienis, bergizi, dan mudah dibentuk.

Ia membanderol bento dekorasi tersebut mulai Rp 25.000-Rp 50.000 per kotak, tergantung ukuran dan menu yang disajikan. Dari usaha ini, ia mengantongi omzet lebih dari Rp 30 juta per bulan dengan laba 40%-50%.

Info Lebih Lanjut

Facebook : mymealbox

Source Franchise My Mealbox Bento tersaji menarik, labanya pun ciamik
Comments
Loading...