Franchise Rumah Jeans

Franchise Rumah Jeans

Orang kerap mengatakan Bandung adalah Pans Van Java, alias Parisnya Jawa. Selain karena udaranya sejuk, seperti di Eropa, Kota Kembang itu merupakan pusat modenya Indonesia. Setiap sudut kota, akan mudah ditemui distro, factory outlet, butik, dan pengusaha konveksi yang melayani pembuatan pakaian sesuai keinginan pemesan yang datang dari penjuru Nusantara.

Bisnis di bidang fashion ini rupanya masih menggiurkan. Hal tersebut terbukti dari semakin menjamurnya pelaku bisnis yang menjalankan usaha di bidang fashion tersebut. Saman Musa, pria asli Bandung ini juga tertarik untuk mengeruk keuntungan di bidang fashion dengan menjalankan usaha vermak dan custom jeans yang telah digelutinya sejak 2010. Pangsa pasar jeans yang meliputi semua kalangan dan bersifat long lasting.

Sebelumnya, keinginannya memiliki sebuah usaha justru diawali dengan memiliki sebuah galeri seni yang menawarkan produk hiasan interior dan berbagai lukisan. Awalnya memang mempunyai galeri interior dan lukisan, karena ia juga senang melukis dan mendesain berbagai interior di rumah.

Dewi Fortuna belum memihak pada dirinya, usaha yang dilakoni semakin lama tidak berprospek bagus karena jarang mendapatkan project untukmendesain ataupun melukis. Namun, keinginan Samsam untuk memiliki usaha tak berhenti di situ saja, ia tertarik untuk menjalankan usaha vermak dan custom jeans ketika bertemu sahabatnya.

Waktu itu ia mendesain interior rumah sahabatnya, ia justru berdiskusi dengannya soal peluang usaha di bidang lain. Kebetulan sahabatnya itu memang memiliki usaha vermak dan custom jeans, hanya saja lokasinya dia memang agak jauh dari pusat kola.

Samsam akhimya bekerjasama untuk membuka usaha vermak dan custom jeans di rumahnya dengan brand Rumah Jeans. Ia harus rela membongkar mebel tempat tidur untuk dijadikan rak display, juga mengorbankan ruang display bedroom set yang sebelumnya untuk display usaha galeri interior dan lukisannya, kini dijadikannya sebagai ruang display usahanya.

Tak sampai di situ, ia pun harus menggelontorkan dana sekitar Rp 15-20 juta untuk membeli sejumlah mesin jahit dan mesin obrasnya, membeli bahanjeans. Dan juga untuk membuat banner dan neon box sebagai media promosinya.

Layaknya usaha vermak jeans pada umunnya, Rumah Jeans menawarkan jasa perbaikan (vermak) segala macam pakaian berbahan jeans. seperli celana dan jaket jeans. Rumah Jeans juga menawarkan jasa pembuatan celana dan jaket berbahan jeans, dengan menggunakan bahan standar, stretch, salvage, hingga twill yang disesuaikan atas permintaan pelanggan.

Sehingga pelanggan dapat mengkreasikan desain dan jenis bahan yang akan digunakan. Rumah Jeans juga menjual berbagai produk kreasi berbahan denim atau jeans, seperti dompet, gelang, tas. dan berbagai aksesoris.

Harga yang ditawarkan Rumah Jeans tergolong terangkau, yakni Rp10.000 hingga Rp 60.000 untuk vermak jeans tergantung jenis kerusakan. Sedangkan untuk custom jeans dibanderol mulai dari Rp120.000 perpotong, ukuran menjadi patokan dalam menentukan harga jualnya.

Uniknya, proses pengerjaan satu potong celana atau jaket jeans hanya memakan waktu satu hari saja, selain itu jika pelanggan mau merogoh kocek Rp25.000, maka proses pengepakan dapat dipangkas menjadi tiga jam saja. Untuk aksesoris seperti dompet, tas, dan gelang berbahan jeans, dihargai mulai Rp10.000 sampai Rp100.000 per item.

Untuk menjadi Mitra Rumah Jeans, calon Mitra harus menyiapkan investasi Rp 30 juta untuk kontrak kerjasama setahun. Tentu investasi tersebut belum termasuk biaya dekorasi, renovasi dan sewa tempat. Hanya saja calon Mitra akan mendapatkan dua mesin jahit dan satu mesin obras, bahan baku awal seperti bahan jeans, benang, restleting, dan perlengkapan jahit lainnya.

Tak ketinggalan promotion kitjuga akan diberikan sebagai media promosi, seperli banner, brosur dan spanduk. Selain itu, calon Mitra juga akan mendapatkan satu penjahit dan tukang ulur yang telah terlatih dan profesional, sehingga kualitas jeans customnya tidak diragukan, dan akan sama dengan kualitas yang berasal dari pusat.

Hanya saja calon Mitra harus menyiapkan satu karyawan untuk bagian Administrasi, dan nantinya akan ditraining. Manajemen operasional dan produksi Rumah Jeans yang handle. Jadi mitra tinggal menyediakan satu orang kepercayaan untuk kasir, karena semua transaksi masuk di kasir. Karena kami kenakan biaya manajemen atau sharing profit sebesar 30% dai keuntungan kotor, bukan omset per bulan. Tapi tergantung omset yang didapat Mitra juga, soal itu fleksibel pokoknya.

Dengan perhitungan target omset tersebut, maka Mitra diasumsikan dapat balik modal paling lama delapan bulan saja. Asalkan lokasi yang diajukan Mitra sesuai dengan target segmentasi pasar yang ditentukan. Karena lokasi sangat menentukanjalannya usaha, untuk usaha apapun tanpa terkecuali harus disesuaikan dengan segmentasi pasar dari usaha tersebut.

Selama melakoni usahanya, Samsam mengaku tak mengalami kendala berarli. Hanya saja ia kerap kesulitan dalam pengadaan bahan jeansnya lantaran stok di-suplier yang habis. Karenanya Rumah Jeans membolehkan Mitra untuk membeli di luar, asalkan sesuai dan kualitasnya juga bagus. Kesulitan bahan jeansnya juga karena supliernya berasal dari sahabatnya itu, jadi terkadang saking banyaknya permintaan, stok dari dia pun kosong.

Contoh Outlet

Info Kemitraan

AlamatJl. Cihampelas No.221, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
Telepon0815-9180-223
Source http://probisnis.com/ http://probisnis.com/bisnis-vermak-dan-custom-jeans/ https://www.google.co.id/search?sa=X&biw=1280&bih=844&q=rumah+jeans+bandung+alamat&stick=H4sIAAAAAAAAAOPgE-LWT9c3LEnJyMgtS9OSzU620s_JT04syczPgzOsElNSilKLiwE8n8xYLgAAAA&ved=0ahUKEwjwyYDktePYAhUFso8KHYS3AKgQ6BMIpwEwFQ
Comments
Loading...