Garap Pasar Timur Tengah, Kimia Farma Bangun Pabrik di Saudi

Garap Pasar Timur Tengah, Kimia Farma Bangun Pabrik di Saudi

Negara Timur Tengah dan Afrika jadi pasar seksi bagi industri farmasi. Kedua kawasan ini memenuhi kebutuhan obatnya dengan porsi impor yang cukup besar. Demi menggarap potensi konsumen di sana, perusahaan farmasi PT Kimia Farma Tbk tengah mempersiapkan pembangunan pabrik farmasi.

Di sana, Kimia Farma akan menggandeng Marei Bin Mahfouz Group, perusahaan yang bergerak di bidang investasi dan perdagangan. Tahun 2018 sudah tercapai kesepakatan antara kedua perusahaan yang berkongsi itu.

Tak mudah membangun fasilitas pabrik farmasi. Selain pembangunan fisik yang membutuhkan waktu paling cepat dua tahun, perseroan juga harus mengurus sejumlah sertifikasi untuk mendapat perizinan untuk mengedarkan obat.

Selain punya potensi pasar tinggi, Honesti bilang, perizinan di Timur Tengah juga lebih ringkas. Untuk dapat mengedarkan obat di Tmur Tengah dan beberapa negara di kawasan Afrika. Kimia Farma hanya memerlukan satu lisensi izin edar yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi. Meski belum menyebut nilai investasi di Arab Saudi, kata Honesti, berdasarkan pengalaman KAEF membangun pabrik di Indonesia dana minimum yang dibutuhkan sebesar Rp 1,2 triliun.

Source https://investasi.kontan.co.id/ https://investasi.kontan.co.id/news/garap-pasar-timur-tengah-kimia-farma-bangun-pabrik-di-saudi
Comments
Loading...