Geliat Pertumbuhan Industri Kopi Khusus Tanah Air

Geliat Pertumbuhan Industri Kopi Khusus Tanah Air

Industri kopi tanah air bebrapa waktu belakangan tumbuh pesat. Dari data Kemepenrin, ekspor produk kopi olahan nasional terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2017, ekspornya mencapai 467.790 ton atau senilai USD1,19 miliar dengan negara tujuan utamanya antara lain Amerika Serikat, Jerman, Italia, Jepang, dan Malaysia.

Kemenperin memproyeksi, pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata 7 persen per tahun. Ini didorong oleh pertumbuhan masyarakat kelas menengah dan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia.

Kementerian Perindustrian terus mendorong pertumbuhan industri pengolahan kopi di dalam negeri termasuk skala industri kecil dan menengah (IKM). Guna merealisasikannya, langkah strategis yang telah dilakukan, antara lain memfasilitasi bantuan peralatan produksi, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, serta promosi melalui kegiatan pameran di dalam dan luar negeri.

Upaya-upaya tersebut untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing industri pengolahan kopi di dalam negeri termasuk sektor IKM agar mampu kompetitif di pasar domestik hingga internasional. Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia merupakan lokasi yang cocok untuk budidaya kopi.

Karenanya, pembudidayaan dan pengelolaan specialty coffee Indonesia merupakan langkah strategis yang harus terus dikembangkan. Saat ini, Indonesia sudah banyak memiliki jenis specialty coffee yang tidak ada di negara lain.

Source http://jakartainsight.com/ http://jakartainsight.com/read/artikel/2018/9/19/3083/Geliat-Pertumbuhan-Industri-Kopi-Khusus-Tanah-Air-
Comments
Loading...