Hadapi Pasar Bebas, Pebisnis Waralaba Lokal Harus Lebih Kreatif

Hadapi Pasar Bebas, Pebisnis Waralaba Lokal Harus Lebih Kreatif

Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Levita Ginting Supit meyakini, sektor bisnis waralaba dalam negeri sudah siap menghadapi gempuran produk asing saat pemberlakuan pasar bebas ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun depan.

Kesiapannya bisa ditunjukkan dari kreativitas mengemas produk serta kemampuan sumber daya manusia (SDM). Tanpa itu pelaku usaha waralaba tidak akan mampu bertahan.¬†Kreativitas dalam mengemas sebuah produk menjadi faktor penting untuk bersaing dengan produk asing. Pelaku bisnis harus bisa menghapus stigma pengemasan produk dalam negeri yang saat ini masih masuk kategori ‘seadanya’.

Dukungan pemerintah, melalui pelatihan serta aturan yang dibuat untuk produk yang berstandar internasional. Sehingga nanti keduanya, SDM dan produk kita bisa dianggap capable untuk masuk ke bisnis internasional. Para pelaku usaha waralaba sudah prepare dari beberapa tahun lalu. Mungkin sejauh ini kesiapannya sekitar 60 persen Ditambah juga support pemerintah yang memberikan pelatihan-pelatihan.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/hadapi-pasar-bebas-pebisnis-waralaba-lokal-harus-lebih-kreatif.html
Comments
Loading...